Xi Jinping Kirim Surat kepada Jokowi Bertepatan dengan HUT RI

KalbarOnline.com – Presiden Tiongkok, Xi Jinping, mengirimkan surat kepada Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (17/8) bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-75. Surat tersebut tentu saja berkaitan dengan perayaan ulang tahun kemerdekaan RI yang ke-75.

Hal tersebut diungkapkan Kedutaan Besar Tiongkok di Jakarta melalui unggahan di laman Facebook resminya dengan mengutip laporan yang disiarkan oleh China Radio International (CRI) pada Senin (17/8).

  • Baca juga: Cemas Tiongkok Krisis Pangan, Xi Jinping: Jangan Buang-buang Makanan!

“Xi Jinping dalam suratnya menyebut bahwa Tiongkok-Indonesia saat ini memelihara kecenderungan hubungan baik. Kedua pihak bersama-sama menanggulangi wabah Covid-19. Selain itu, mendorong pemulihan produksi dan pembangunan bersama Sabuk dan Jalan, menjaga multilateralisme dan situasi umum penanggulangan wabah bersama global, dan telah memberikan kontribusi positif kepada kesehatan dan kesejahteraan rakyat kedua negara serta seluruh dunia,” tulis pihak Kedubes.

Baca Juga :  Jangan Sampai Lautan Menjadi Pemakaman Massal Pengungsi Rohingya

Presiden Xi Jinping menyatakan bahwa dirinya menaruh perhatian terhadap hubungan kedua negara. Dia mengatakan bersedia berupaya bersama Jokowi untuk sesegera mungkin mengalahkan pandemi Covid-19 dan memberikan kontribusi positif dalam bidang kesehatan dan kesejahteraan bagi rakyat.

Sementara itu melalui unggahan video pada laman Facebook yang sama, Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Xiao Qian, juga memberikan ucapan selamat kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia yang merayakan HUT ke-75.

“Saya mengucapkan selamat paling hangat kepada pemerintah dan rakyat Indonesia. Dan, menyampaikan harapan terbaik kepada semua teman Indonesia yang mendukung pengembangan hubungan Tiongkok-Indonesia,” kata Xiao dalam Bahasa Indonesia.

Baca Juga :  Coco Lee Meninggal Usai Coba Bunuh Diri, Unggahan Terakhirnya Buat Publik Tersentuh

Xiao menyoroti juga peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Tiongkok pada tahun ini. “Dengan berdiri di atas titik awal sejarah baru, Tiongkok bersedia bekerja sama dengan Indonesia untuk terus mendorong hubungan kemitraan strategis komprehensif ke tingkat lebih tinggi,” ungkapnya.

Dalam unggahan video yang lain, Xiao bersama sejumlah diplomat Tiongkok menyanyikan lagu keroncong berjudul Bengawan Solo yang diciptakan oleh mendiang Gesang sebagai bentuk apresiasi atas keberanian dan ketekunan rakyat kedua negara yang bergotong royong dalam melawan pandemi Covid-19.

Comment