by

Rebut Tiket Terakhir Playoff, Portland Trail Blazers Jaga Tradisi

KalbarOnline.com – Portland Trail Blazers merebut tiket playoff terakhir wilayah barat. Kemenangan atas Memphis Grizzlies kemarin (16/8) dengan skor 126-122 membuat Blazers mengunci posisi kedelapan wilayah barat.

Lolosnya Blazers ke playoff membuat mereka menjaga tradisi dalam tujuh musim. Kali terakhir mereka gagal lolos playoff pada musim 2012–2013. Saat itu mereka finis di posisi kesebelas wilayah barat.

Berpredikat sebagai tim posisi kedelapan wilayah barat, Blazers akan menghadapi tim peringkat satu wilayah barat di playoff ini. Yakni, Los Angeles Lakers. Blazers akan menjalani pertandingan pertama Rabu pagi (19/8).

Sayang, lolos playoff sebagai tim posisi kedelapan secara histori kurang menguntungkan buat Blazers. Hal serupa pernah terjadi pada playoff musim 2016–2017. Saat itu Blazers bertemu tim peringkat satu Golden State Warriors dan dihajar dengan skor 0-4 di putaran pertama.

’’Apa yang kami lakukan dalam dua minggu terakhir ini sangat luar biasa,’’ ucap Terry Stotts, head coach Blazers, sebagaimana dilansir ESPN. ’’Kebanggaanku kepada tim saat ini berada di level tertinggi dan mereka menunjukkan peningkatan di setiap game. Tepatnya dalam sembilan pertandingan terakhir (di Orlando) ini,’’ tambah Stotts.

Shooting guard CJ McCollum dan small forward Carmelo Anthony tampil luar biasa dengan membuat poin-poin krusial pada menit-menit akhir pertandingan.

Keduanya masing-masing mengemas 29 dan 21 angka. Itulah yang akhirnya berhasil meredam Grizzlies. Grizzlies sempat memberikan perlawanan sengit dengan unggul delapan poin pada pertengahan kuarter keempat.

Point guard Damian Lillard dan center Jusuf Nurkic juga eksplosif untuk membuat empat dari starting five Blazers mencetak lebih dari 20 angka. Lillard jadi yang paling subur dengan 31 poin. Sementara Nurkic yang tampil masih dalam kondisi berduka akibat kabar neneknya meninggal karena Covid-19 mencetak 22 angka.

Tak hanya hot dalam mendulang poin, center asal Bosnia-Herzegovina itu juga mengemas 21 rebound, 6 assist, 2 steal, dan 2 blok. ’’Dia (sang nenek) selalu ingin aku bermain dengan baik dalam kondisi apa pun,’’ ucap Nurkic mengenang mendiang neneknya setelah laga.

Salah satu momen penting kemenangan Trail Blazers terjadi di tiga menit terakhir pertandingan. Saat itu McCollum mencetak delapan poin berturut-turut untuk membalikkan kedudukan. Dari yang awalnya Trail Blazers tertinggal 108-111 lantas berbalik unggul 119-113.

Info Playoff NBA 2019–2020

Putaran pertama: 18 Agustus 2020
Final wilayah: 16 September 2020
NBA finals: 1 Oktober 2020

Comment

News Feed