Bupati Jarot Tegaskan HUT ke-75 RI Momentum Sintang Bangkit

Bupati Jarot Tegaskan HUT ke-75 RI Momentum Sintang Bangkit

KalbarOnline, Sintang – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tingkat Kabupaten Sintang berlangsung terbatas di Halaman Kantor Bupati Sintang, Senin 17 Agustus 2020.

Karena dalam situasi pandemi Covid-19, protokol kesehatan, seperti jaga jarak dan mengenakan masker, diterapkan dengan ketat. Meski begitu, semangat kemerdekaan tetap terpancar. Upacara yang dihadiri Wakil Bupati Sintang, Askiman, Sekda Sintang, Yosepha Hasnah, mantan Bupati Sintang, Milton Crosby, mantan Wakil Bupati Sintang, Ade Kartawidjaja, jajaran Forkopimda Sintang, Kepala OPD dan para ASN, TNI/Polri dan para tamu undangan lainnya ini berlangsung khidmat.

Bupati Jarot Ajak Elemen Bangsa Maknai HUT ke-75 RI Dengan Semangat Optimisme Menuju Indonesia Emas
Pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Sintang (Foto: Prokopim Sintang)

Bupati Sintang, Jarot Winarno yang menjadi inspektur upacara mengajak semua elemen bangsa untuk memaknai HUT ke-75 RI yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang melanda sebagai momentum untuk bangkit. Menurutnya, hal ini sebuah tantangan bagi Indonesia dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Di mana pada saat itu, kata Jarot, Indonesia diprediksi masuk dalam lima negara terbesar di dunia yang dinilai dari berbagai sektor kehidupan.

Baca Juga :  Gubernur Sutarmidji Sampaikan Duka Mendalam atas Wafatnya Wakil Bupati Sintang

“25 tahun akan datang satu abad Indonesia Emas 2045, banyak tantangan, ancaman, hambatan, seperti saat ini jelas di depan kita pandemi global covid-19, KLB nasional covid-19,” ujarnya.

Untuk bangkit dari cobaan pandemi ini, menurut Jarot diperlukan semangat untuk bangkit dan mampu bertahan dari ancaman pandemi global covid-19 ini. Karena diketahui bahwa dampak dari pandemi ini melumpuhkan semua sektor kehidupan.

Bupati Jarot Ajak Elemen Bangsa Maknai HUT ke-75 RI Dengan Semangat Optimisme Menuju Indonesia Emas
Bupati dan Wakil Bupati Sintang, Jarot-Askiman foto bersama forkopimda Sintang usai melaksanakan upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Sintang (Foto: Prokopim Sintang)

“Tentunya hanya semangatlah, yang buat kita mampu bertahan, mari kita jaga Sintang, pulihkan ekonomi Sintang, lanjutkan pembangunan Sintang menuju Indonesia Emas 2045, Sintang Emas 2045, Indonesia Maju,” tegas Jarot.

Sementara Wakil Bupati Sintang, Aksiman mengatakan, meskipun dalam masa pandemi covid-19, patut disyukuri, upacara peringatan HUT RI ke-75 tahun 2020 ini bisa dilaksanakan, meskipun dengan keterbatasan karena tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan secara meriah.

“Peringatan kemerdekaan pada saat ini walaupun dalam suasana covid-19, tetapi dapat kita laksanakan dengan sungguh berkhidmat, dan semua susunan, tatanan upacara ini sungguh luar biasa, dapat kita laksanakan dengan penuh kegembiraan, bahwa Indonesia akan lebih maju kedepannya, Sintang lebih maju, dan penuh damai suka cita kedepannya,” kata Askiman.

Baca Juga :  Bupati Jarot Targetkan Sintang Masuk Tiga Besar di Porprov Mendatang

Askiman berpesan kepada masyarakat, karena pada saat ini masih dalam suasana pandemi covid-19, harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah di tentukan oleh pemerintah, seperti sering cuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak. Hal itu menurutnya, guna memutus mata rantai penyebaran covid-19 di tengah-tengah masyarakat.

“Kepada masyarakat Sintang bisa mematuhi protokol kesehatan yang sudah ada, mari kita jaga bersama-sama semoga Sintang ini cepat lepas daripada covid-19 ini. Karena covid-19 ini bisa berakhir kalau kita hidup displin, hidup bersih,” pesan Askiman.

Askiman berharap momentum kemerdekaan ke-75 ini sebagai langkah yang luar biasa untuk memajukan Sintang di tengah masa pandemi dengan mematuhi protokol kesehatan dalam mencegah covid-19. (Fai)

Comment