Apple Ungkap Paten IPhone dengan Perangkat Pembersihan Sendiri

KalbarOnline.com – Hal tak sulit membersihkan bagian luar smartphone. Cukup diusap menggunakan kain dengan material yang halus serta cairan pembersih tertentu, perangkat smartphone bisa kembali bersih dan tentunya berkilau.

Sebaliknya, bagian dalam ponsel adalah yang sulit dibersihkan. Meski cenderung tidak diperlukan untuk dibersihkan, tetapi terkadang penumpukan debu dan kotoran bisa berdampak negatif pada perangkat keras dan performa smartphone yang digunakan.

  • Baca juga: Apple Diklaim Sebagai Perusahaan Paling Berharga di Dunia

Berdasar itu, Apple sedang menjajaki ide untuk memperkenalkan iPhone yang memiliki kemampuan untuk membersihkan sendiri. Ini didasarkan pada paten yang ditemukan oleh AppleInsider bahwa Apple menyarankan sistem yang dapat membantu membersihkan sensor perangkat dengan menggunakan sinar ultraviolet.

Baca Juga :  Demi jadi Browser Default IPhone, Google Rela Bayar Apple Sebesar Ini

“Sinar UV dapat memulai proses foto-oksidasi, yang menghasilkan dekomposisi squalene. Setelah bereaksi dengan sinar UV, squalene yang ditunjukkan dengan rumus kimianya, diuraikan menjadi tiga produk sampingan yang mungkin tidak berbahaya bagi sensor lingkungan,” demikian sedikit uraian deskripsi paten Apple terkait perangkat iPhone masa depan yang bisa membersihkan sendiri.

Baca Juga :  Debut Smartphone Realme 6, Sensasi Sang Raja Baru di Kelas Rp 3 Jutaan

Sepertinya memang sebuah ide yang cukup mengejutkan dan realisasinya juga tidak mudah. Namun, mengingat pandemi virus Korona telah membuka mata lebih luas terhadap kebutuhan akan kebersihan dan sanitasi yang baik, mungkin itu bukan ide yang buruk.

Hanya saja, apakah paten tersebut akan diwujudkan nyata memang semua tergantung merek yang mengajukan. Sebab sering paten tertentu yang diajukan sebuah perusahaan tak menjadi indikasi kuat bahwa ide yang dipatenkan tersebut akan hadir dalam produk nyata.

Comment