Nyaris Terlibat Tragedi Mengerikan, Nyawa Valentino Rossi Selamat

KalbarOnline.com-Balapan GP Austria 2020 berlangsung mengerikan, penuh drama, dan sangat luar biasa.

Saat balapan menyisakan 20 lap, terjadilah sebuah kecelakaan yang sangat hebat. Pembalap Reale Avintia Racing Johann Zarco dan Petronas Yamaha SRT Franco Morbidelli bertabarkan dengan sangat dahsyat di tikungan ketiga.

Zarco menyalip dari kiri. Lalu tiba-tiba dia melaju ke arah kanan dan menabrak Morbidelli.

Motor keduanya melayang ke udara, melintasi sirkuit. Nyaris sekali menghantam pembalap yang berada di depan mereka yakni duo bintang Yamaha Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Untung saja nyawa Rossi dan Vinales terselamatkan. Mereka tidak mengalami cedera dan bisa melanjutkan balapan.

Bendera merah lantas dikibarkan. Balapan dihentikan sementara.

Baca Juga :  Goodbye, Valentino Rossi Putuskan Pensiun dari Balapan MotoGP

Saat itu, ketika tabrakan terjadi, pembalap KTM Pol Espargaro memimpin nyaman di depan. Bintang Ducati Andrea Dovizioso menempati posisi kedua. Zarco dan Morbidelli yang terlibat kecelakaan, berada di posisi delapan dan sembilan.

Setelah lomba dilanjutkan, pembalap Pramac Racing Ducati Jack Miller langsung memimpin balapan. Dovizioso membuntuti di posisi kedua. Sedangkan Pol Espargaro berada di posisi keempat.

Tetapi sial, saat balapan menyisakan 10 lap lagi, Pol Espargaro malah keluar dari race karena bertabrakan dengan rider Red Bull KTM Tech3 Miguel Oliveira.

Andrea Dovizioso (tengah) berada di podium bersama Joan Mir (kanan) dan Jack Miller. (MotoGP)

Sementara itu, pembalap Suzuki Alex Rins berhasil menyodok ke peringkat pertama untuk menyalip Dovizioso saat race menyisakan sembilan lap lagi. Namun, dia terlalu terburu-buru dan akhirnya keluar lintasan.

Baca Juga :  KOI Targetkan 20 Atlet Masuk ke Paris Olimpiade 2024, Okto: Potensi Emas Paling Tinggi Sekarang

Setelah mendominasi di sisa balapan, Dovizioso akhirnya menjadi juara GP Austria 2020. Dia menegaskan dominasi Ducati yang menjadi juara di Red Bull Ring dalam lima tahun beruntun.

Austria kembali menjadi tuan rumah pada 2016 setelah kali terakhir menggelar balapan pada 1997. Di Red Bull Ring, Dovizioso mencatat total tiga kemenangan. Kemenangan hari ini, adalah yang ke-14 dalam karier Dovizioso di MotoGP.

Tetapi, drama toh tidak berhenti sampai di sana. Setelah Dovizioso melintasi garis finis, tepat pada tikungan terakhir, Joan Mir berhasil finis runner-up. Secara luar biasa, dia sukses menyalip Miller yang sudah kehilangan kecepatan. Inilah podium pertama dalam karier Mir.

Comment