Kecolok Jari, Buta Sebelah, Eks Juara Dunia Bertarung Hingga Akhir

KalbarOnline.com-Walau sudah memberikan segalanya, Daniel Cormier tetap gagal merebut sabuk juara dunia kelas berat UFC. Dalam ajang UFC 252 di Las Vegas, Nevada, hari ini (16/8), Cormier dikalahkan Stipe Miocic.

Dalam pertarungan tersebut, Miocic sukses mempertahankan sabuk juara dunianya. Dia menang dengan nilai mutlak. Tiga juri memberikan nilai masing-masing dengan skor 49-46, 49-46, dan 48-47.

Walau menelan kekalahan, namun Cormier tampil sangat heroik dalam pertarungan tersebut. Pada akhir ronde ketiga, jari Miocic mencolok mata kiri Cormier.

Akhirnya, dalam dua ronde terakhir (sepuluh menit) itu, Cormier praktis tidak bisa melihat alias mengalami kebutaan.

Meskipun dalam kondisi tidak sempurna, Cormier tetap bekerja keras untuk memperjuangkan sabuk juara dunia kelas berat. Dengan usianya yang sudah mencapai 41 tahun dan cuma memakai satu mata, apa yang ditunjukkan Cormier bisa dikatakan sangat mengagumkan.

  • Baca Juga: Stipe Miocic Resmi Menjadi Petarung Kelas Berat Terhebat dalam Sejarah
Baca Juga :  Habis-habisan, Rafael Nadal Sikat Juara Bertahan dan Lolos Semifinal

Ketika insiden colok mata tersebut, wasit Marc Goddard memutuskan agar pertarungan tetap dilanjutkan. Belakangan, wasit mengakui sudah melakukan kesalahan.

Dan sesaat setelah diputuskan kalah, Cormier langsung dilarikan ke rumah sakit. “Saya tidak bisa melihat,” kata Cormier dalam wawancara di situs resmi UFC. “Dia (Miocic) melakukan pekerjaan luar biasa. Dia berhasil menahan saya dalam waktu yang lama di atas oktagon,” tambahnya.

Mata sebelah kiri Daniel Cormier mengalami cedera karena dicolok Stipe Miocic. (BT Sport)

“Saya sudah tidak bisa melihat apapun di mata kiri saya, semuanya gelap. Tetapi yang terjadi sudahlah terjadi. Saya mengatakan hal ini kepada Marc (wasit), namun dia mengira saya dipukul. Tetapi setelah melihat tayangan ulang, pendapatnya menjadi berbeda,” lanjut mantan juara dunia kelas berat tersebut.

Baca Juga :  Singkirkan No 1 Indonesia, Ganda Malaysia Akui Tak Pikir Menang-Kalah

Cormier mengatakan sangat kecewa karena mengalami dua kekalahan beruntun dalam trilogi pertarungan. Namun dia harus menerima kenyataan bahwa lawannya lebih tangguh, lebih muda, lebih segar, dan lebih bertenaga.

“Saya tidak tertarik bertarung selain untuk memperebutkan gelar. Saya tidak bisa membayangkan bahwa di masa depan saya tidak muncul lagi dalam pertarungan memperebutkan juara. Saya berjuang untuk merebut sabuk juara dunia kelas berat. Dan itu adalah perjuangan panjang. Hari ini saya menjalani pertarungan yang baik,” katanya lagi.

Setelah kekalahan ini, Cormier masih belum menentukan masa depannya. Namun, ada kabar bahwa petarung yang memiliki dasar bela diri gulat tersebut akan pensiun dari UFC.

Comment