Dominasi Ducati di Austria, Terancam oleh Bintang Utama Yamaha

KalbarOnline.com − Maverick Vinales bisa move on dari performa buruknya selama dua sesi latihan bebas GP Austria Jumat (14/8). Lintasan kering Red Bull Ring turut membantu pembalap Monster Yamaha itu untuk menggeber M1 dengan maksimal pada kualifikasi kedua tadi malam.

Hasilnya, dia memastikan pole position pertamanya musim ini.

Vinales yang kini bertengger di peringkat kedua klasemen sementara melesat dengan catatan waktu tercepat 1 menit 23,450 detik. ”Tujuanku tetap berada di front row, tim melakukan perubahan besar, jauh lebih baik ketimbang di Brno pekan lalu,” kata rider Spanyol itu di Parc Ferme Red Bull Ring tadi malam.

”Kami mencoba memahami situasi untuk balapan besok (hari ini), apalagi motorku bekerja sangat bagus,” terangnya.

Vinales berpotensi mengganggu dominasi para rider Ducati di Red Bull Ring. Sebagaimana diketahui, sirkuit di Spielberg, Austria, itu selalu menjadi arena kemenangan pembalap Ducati.

Baca Juga :  Mengaku Sudah Sulit Juara, Andrea Dovizioso Keluhkan Kondisi Ban

Ancaman pun masih muncul dari penunggang Ducati walaupun dari tim satelit mereka, Pramac. Dia adalah Jack Miller yang catatan waktunya terpaut 0,068 detik dari Vinales pada kualifikasi kedua tadi malam.

”Ini adalah posisi yang bagus untuk memulai balapan di Austria,” sebut pembalap yang akan promosi ke tim utama Ducati musim depan.

Sementara itu, jagoan Petronas Yamaha Fabio Quartararo akan melengkapi front row GP Austria hari ini. Itu terjadi setelah dia berhasil mengemas catatan waktu tercepat ketiga.

Pemimpin klasemen pembalap sementara itu berupaya bangkit pascaperforma buruk di GP Ceko pekan lalu. ”Kami melakukan perubahan besar sepanjang pekan ini,” kata Quartararo.

Para pembalap yang mengisi baris kedua juga akan memberikan tekanan buat tiga pembalap di baris terdepan. Ada jagoan Ducati Andrea Dovizioso, Pol Espargaro (KTM), dan Joan Mir (Suzuki Ecstar) di second row. Dovi tentu menjadi harapan utama timnya untuk bisa membawa Ducati kembali berjaya di Red Bull Ring.

Baca Juga :  Juara Dunia Tiga Kali Akan Kembali Menjadi Test Rider Yamaha

Dovi Berpisah dengan Ducati

Sementara itu, polemik perpanjangan kontrak antara Ducati dan Dovizioso kian mengerucut. Sebelumnya, manajemen tim asal Borgo Panigale, Italia, itu menyebut bakal mengumumkan status sang bintang setelah dua seri balapan di Austria.

Tetapi, manajer Dovi, Simone Batistella, menguak situasi sebenarnya. Dovi tidak akan melanjutkan kiprahnya bersama Ducati musim depan.

Andrea Dovizioso ketika beraksi pada latihan bebas GP Republik Ceko. (MotoGP).

”Kami menyampaikan kepada Ducati bahwa Andrea tidak ingin melanjutkan (perpanjangan) kontraknya,” sebut Battistella dilansir situs resmi MotoGP. ”Kami belum tahu apa yang terjadi selanjutnya,” ujarnya.

Saat ini belum ada tawaran dari tim mana pun buat Dovi. Namun, dia mengungkapkan bakal terbuka dan mempertimbangkan tawaran apa pun yang datang berikutnya.

Comment