by

Dominasi Ducati dalam Balapan yang Luar Biasa Dramatis

KalbarOnline.com-Ducati benar-benar menjadi raja MotoGP Austria. Pada balapan di Red Bull Ring malam ini (16/8), Andrea Dovizioso menjadi juara.

Ini adalah kemenangan kelima Ducati secara beruntun sejak 2016. Red Bull Ring kembali menjadi tuan rumah MotoGP setelah absen pada 1997. Bagi Dovizioso ini adalah kemenangan ketiganya di Austria.

“Ini balapan yang sangat aneh dengan banyak sekali alasan,” kata Dovizioso dalam wawancara setelah race.

Startnya aneh. Tidak mudah untuk start di race kedua. Namun saya berusaha untuk cepat. Saya berusaha untuk selalu kuat dalam pengereman. Ternyata saya bisa cepat dan kembali menjadi pemenang. Saya berterima kasih kepada tim atas hasil ini,” tambah pembalap asal Italia tersebut.

Kemenangan hari ini, merupakan yang ke-14 dalam karier Dovizioso di MotoGP.

Drama GP Austria memang terjadi sampai akhir. Saat Dovizioso melintasi garis finis, tepat pada tikungan terakhir, pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir mampu finis runner-up. Secara luar biasa, dia sukses menyalip Jack Miller (Pramac Ducati) yang sudah kehilangan kecepatan. Inilah podium pertama dalam karier Mir.

“Ini hari yang sangat luar biasa,” kata Mir. “Saya  berhasil finis di podium dan saya bahagia dengan podium pertama saya ini. Saya memiliki tim yang sangat luar biasa di sekitar saya. Saya berusaha untuk menikmati momen ini,” tambahnya.

Pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir finis kedua pada MotoGP Austria di Red Bull Ring. (Joe Klamar/AFP)

Balapan GP Austria 2020 berlangsung mengerikan, penuh drama, dan sangat luar biasa.

Saat balapan menyisakan 20 lap, terjadilah sebuah kecelakaan yang sangat hebat. Pembalap Reale Avintia Racing Johann Zarco dan Petronas Yamaha SRT Franco Morbidelli bertabarkan dengan sangat dahsyat di tikungan ketiga.

Zarco menyalip dari kiri. Lalu tiba-tiba dia melaju ke arah kanan dan menabrak Morbidelli.

Motor keduanya melayang ke udara, melintasi sirkuit. Nyaris sekali menghantam pembalap yang berada di depan mereka yakni duo bintang Yamaha Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Untung saja nyawa Rossi dan Vinales terselamatkan. Mereka tidak mengalami cedera dan bisa melanjutkan balapan.

Bendera merah lantas dikibarkan. Balapan dihentikan sementara.

Dominasi Ducati dalam Balapan yang Luar Biasa Dramatis 2
Tabrakan fatal terjadi di GP Austria. Untung saja, tidak ada yang mengalami cedera. (MotoGP).

Saat itu, ketika tabrakan terjadi, pembalap KTM Pol Espargaro memimpin nyaman di depan. Andrea Dovizioso menempati posisi kedua. Zarco dan Morbidelli yang terlibat kecelakaan, berada di posisi delapan dan sembilan.

Setelah lomba dilanjutkan, Jack Miller langsung memimpin balapan. Dovizioso membuntuti di posisi kedua. Sedangkan Pol Espargaro berada di posisi keempat.

Tetapi sial, saat balapan menyisakan 10 lap lagi, Pol Espargaro malah keluar dari race karena bertabrakan dengan rider Red Bull KTM Tech3 Miguel Oliveira.

Sementara itu, pembalap Suzuki Alex Rins berhasil menyodok ke peringkat pertama untuk menyalip Dovizioso saat race menyisakan sembilan lap lagi. Namun, dia terlalu terburu-buru dan akhirnya keluar lintasan.

Setelah mendominasi di sisa balapan, Dovizioso akhirnya menjadi juara GP Austria 2020.

Rookie KTM yang menjadi juara MotoGP Republik Ceko Brad Binder finis di posisi keempat. Sedangkan veteran Yamaha Valentino Rossi finis kelima.

Pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo masih kukuh di puncak klasemen sementara dengan koleksi 67 poin. Pada balapan ini, Quartararo finis di posisi kedelapan.

Kemenangan pada GP Austria ini, membuat Dovizioso menyodok ke peringkat kedua dengan poin 56. Vinales turun ke ranking tiga dengan koleksi 46 angka.

Comment

News Feed