Percepat Izin Edar Obat Covid-19, KSAD Segera Temui BPOM

KalbarOnline.com – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa meminta agar izin edar untuk obat Covid-19 bisa segera diterbitkan. Sebagai Wakil Ketua Pelaksana I Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (Komite PCPEN), dia akan menemui Kepala BPOM dalam waktu dekat untuk membahas soal izin edar obat Covid-19.

“Hari Rabu (19/8) saya menghadap ketua BPOM dalam rangka secara resmi mohon dukungan untuk percepatan izin,” kata Andika di Mabes AD, Jakarta, Sabtu (15/8).

Andika menjelaskan, nantinya obat tersebut diperkirakan akan mendapat subsidi dari pemerintah pada awal peredarannya. Mengingat kondisi bangsa saat ini yang tengah dilanda pandemi.

Baca Juga :  Ini Air dan Tanah yang Dibawa Sutarmidji untuk Ritual Kendi Nusantara di IKN Bersama Presiden Jokowi, Ada Makna Kesuburan dan Kedamaian

“Saya yakin anggaran ini akan diberikan sehingga tidak semata-mata akan dijual begitu saja,” jelasnya.

Mantan Danpaspampres itu memastikan proses produksi masal obat Covid-19 tidak ada lagi kendala. Semua proses uji klinis telah selesai dilaksanakan. Saat ini hanya tinggal menunggu izin edar dari BPOM.

“Makanya kami sudah langsung akan berbicara rencana produksi. Siapa membuat apa, yang akan membeli bahan baku bagaimana, kemudian anggaran dari pemerintahnya seperti apa,” pungkas Andika.

Sebelumnya, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur telah menyelesaikan penelitian obat baru untuk penanganan pasien Covid-19. Hasil penelitian ini disebut akan menjadi obat Covid-19 pertama di dunia.

Baca Juga :  Karhutla Semakin Parah, Anggota Komisi V DPR Sebut Pemerintah Pusat Tak Hadir

Penelitian dilakukan bersama TNI Angkatan Darat (AD), Badan Intelijen Negara (BIN), dan Polri. Obat ini hampir dipastikan akan menjadi obat pertama untuk penyakit Covid-19 di dunia.

“Karena ini akan menjadi obat baru maka diharapkan menjadi obat Covid-19 pertama di dunia,” kata Rektor Unair Mohammad Nasih dalam acara penyerahan hasil uji klinis fase 3 di Mabes AD, Jakarta, Sabtu (15/8).

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment