Layanan Sempat Terganggu, Telkomsel Beri Kompensasi ke Pelanggan

KalbarOnline.com – PT Telkom Indonesia terus mempercepat upaya pemulihan layanan baik mobile maupun fixed broadband pascakebakaran di Sentral Telepon Otomat (STO) Pekanbaru Centrum. Sejak Selasa tengah malam hingga Rabu dini hari, layanan mobile Telkomsel untuk area Sumatera diklaim telah pulih 100 persen dan kembali normal kecuali area Kota Pekanbaru.

Proses pemulihan berhasil dilakukan dengan pengalihan trafik melalui by pass sistem transmisi backbone broadband di Pekanbaru, memanfaatkan redundant system yang ada yakni 7 titik NGN di Sumatera dengan 2 sistem transmisi backbone di darat dan 3 sistem backbone kabel laut. Dengan adanya system redundant ini memungkinkan proses pemulihan layanan dapat dilakukan lebih cepat.

  • Baca juga: Sempat Down Akibat Kebakaran, Jaringan Telkomsel di Pekanbaru Pulih

Khusus untuk layanan Telkomsel dan IndiHome area Pekanbaru masih terus diupayakan pemulihannya melalui proses re-engineering jaringan sehubungan dengan terdampaknya perangkat di lokasi STO. Hingga saat ini layanan Telkomsel dan IndiHome di Pekanbaru secara bertahap berangsur pulih.

Baca Juga :  Review Lenovo Legion 5: Rata Kanan Berkat Ryzen 5 dan GeForce 1650 Ti

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan khususnya yang terdampak atas ketidaknyamanan ini. TelkomGroup akan terus mengupayakan percepatan perbaikan layanan sehingga pelanggan dapat kembali menggunakan layanan seperti sediakala,” ujar Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo melalui keterangan tertulisnya kepada KalbarOnline.com.

Peristiwa kebakaran di STO Pekanbaru Centrum terjadi pada Selasa, 11 Agustus 2020 sekitar pukul 15:00 WIB dan api berhasil dipadamkan pada pukul 15:51 WIB. Kebakaran yang diduga berasal dari ruangan perangkat ini masih ditelusuri lebih lanjut penyebabnya. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Sementara atas kerugian berupa terganggunya layanan telekomunikasi oleh pelanggan, Telkomsel memberikan kompensasi berupa paket spesial untuk pengguna di wilayah tersebut. Adapun paket spesial yang dihadirkan khusus untuk pelanggan yang berada di 94 kota di wilayah operasional Telkomsel Regional Sumatera bagian Utara dan Tengah yang terdampak penurunan kualitas layanan pada 11 Agustus 2020.

Terpisah, Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel menyebut, paket spesial yang dihadirkan berupa paket data atau internet sebesar 5 GB di semua jaringan, 100 menit telepon dan 100 SMS (ke sesama nomor Telkomsel), yang berlaku selama 2 hari sejak pengaktifan. Pelanggan, baik pengguna layanan prabayar maupun pascabayar, dapat mengaktifkan paket spesial tersebut melalui UMB *888*20# mulai tanggal 13 hingga 19 Agustus 2020, hanya dengan Rp 1 saja.

Baca Juga :  Gandeng Intel, MediaTek Bakal Hadirkan 5G di Perangkat PC

Paket ini dapat diakses maksimal satu kali untuk tiap pelanggan selama periode aktivasi. “Semoga dengan adanya paket spesial ini dapat dimanfaatkan oleh pelanggan kami untuk saling terhubung melalui jaringan dan layanan terdepan Telkomsel,” ungkap Denny.

Dirinya juga menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan terdampak atas ketidaknyamanan yang terjadi. Dia juga memastikan, layanan komunikasi baik telpon, SMS dan akses data Telkomsel di seluruh wilayah Sumatera yang terdampak kini sudah pulih dan dapat diakses kembali dengan normal oleh pelanggan. Khusus untuk sejumlah titik di kota Pekanbaru masih dalam proses percepatan pemulihan jaringan secara berkala.

Comment