Edi Ajak Warga Peduli dan Cinta Lingkungan

Edi Ajak Warga Peduli dan Cinta Lingkungan

Tanam Pohon Bersama Club Pecinta Lingkungan

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengajak seluruh masyarakat Kota Pontianak peduli dan mencintai lingkungan. Satu diantara bentuk mencintai lingkungan adalah dengan penghijauan.

“Seperti yang kita lakukan saat ini bersama Club Pecinta Lingkungan dengan menanam pohon di jalan paralel Sungai Raya Dalam tepatnya di depan RSUD Soedarso,” ujarnya usai menanam pohon di lokasi tersebut, Sabtu (15/8/2020).

Ia mengapresiasi inisiasi Club Pecinta Lingkungan yang membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menanam pohon. Hal ini, kata dia, sebagai wujud kepedulian masyarakat terhadap Kota Pontianak dalam mewujudkan kota yang hijau dan tertata rapi.

“Kita akan lakukan penataan di seluruh penjuru kota, kita cari lokasi yang memang cocok dengan jenis tanaman yang akan ditanam,” kata Edi.

Dirinya berharap komunitas atau kelompok pecinta lingkungan yang ada di Kota Pontianak tidak hanya sekadar menyumbang tanaman, akan tetapi juga ikut turut merawat dan menjaganya.

Baca Juga :  Pj Gubernur Kalbar Harap Presiden ke Depan Punya Tekad Lanjutkan Pembangunan IKN

“Sehingga Kota Pontianak semakin nyaman untuk warga,” ungkapnya.

Dalam mewujudkan kota yang nyaman, menurutnya membutuhkan rasa peduli dan cinta dari masyarakat sendiri terhadap kotanya. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang asri. Selain menanam pohon atau penghijauan, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan juga merupakan hal yang tak kalah pentingnya.

“Jadi sampah harus dikelola dengan baik sehingga kota menjadi bersih dan tertata rapi,” imbuhnya.

Edi menambahkan, selain penanaman pohon, Pemkot Pontianak juga melakukan penataan. Ke depan, lanjutnya, paralel Jalan Sungai Raya Dalam akan dilakukan penurapan dan dirapikan. Selanjutnya wilayah Sungai Jawi, Parit Tokaya dan lainnya.

“Semua jalan yang memiliki parit harus ditata dengan rapi, selain dengan penurapan dan penghijauan, juga sekaligus penataannya,” tuturnya.

Ketua Club Pecinta Lingkungan Ari Chandra menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Pontianak karena telah memberikan kesempatan kepada kelompok yang dipimpinnya untuk menghijaukan Pontianak. Ia berharap apa yang dilakukan ini bisa memberikan manfaat, baik bagi masyarakat maupun Kota Pontianak.

Baca Juga :  BGA Group Gelar Aksi Peduli Melalui Baksos ke Rumah Ibadah

“Kita sadari bahwa keberadaan pohon ini sebagai penghasil oksigen yang dibutuhkan semua orang,” ungkapnya.

Ia menyebutkan pada kegiatan perdana ini pihaknya menyiapkan 20 pohon jenis trembesi. Selanjutnya, ke depan akan dipersiapkan lagi jumlah pohon sesuai kebutuhan.

“Kita pilih trembesi karena gampang dirawat dan rindang serta menghasilkan oksigen yang banyak,” sebut Ari.

Dirinya mengungkapkan terbentuknya Club Pecinta Lingkungan berawal dari rekan-rekannya yang suka jalan pagi. Karena dirasakan pagi memerlukan oksigen. Bertepatan dengan momentum menjelang Hari Kemerdekaan RI ke-75, maka ia bersama anggota club berinisiatif untuk melakukan penanaman pohon sebagai upaya mengisi kemerdekaan.

“Kita sementara beranggotakan 30 orang diharapkan kedepan keanggotaan terus bertambah agar bisa berbuat lebih banyak,” pungkasnya. (jim/prokopim)

Comment