Kemendikbud Minta Daerah Lain Contoh Kalbar Sebelum Buka Sekolah Tatap Muka

Kemendikbud Minta Daerah Lain Contoh Kalbar Sebelum Buka Sekolah Tatap Muka

KalbarOnline.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta pemerintah daerah (Pemda) lainnya untuk bisa mencontoh implementasi pelaksanaan prosedur pembukaan sekolah di Kalimantan Barat (Kalbar). Sebelum melaksanakan pembelajaran tatap muka, Pemprov Kalbar mengintruksikan untuk melakukan swab test dan rapid test kepada seluruh masyarakat di satuan pendidikan.

“Saya senang sekali mendengarkan cerita (Plt Dinas Pendidikan Kalbar) Pak Sugeng ya, bagaimana di Kalbar Pemda itu sudah luar biasa begitu bekerjasama, begitu intensif menyiapkan (pembukaan sekolah, Red),” ungkap Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud Evy Mulyani dalam Bincang Pagi KBR, Jumat (14/8).

Baca Juga :  Moeldoko Pastikan Calon Kapolri Penganti Idham Azis Sudah Ada

Evy menjelaskan bahwa saat ini prioritas utama pemerintah adalah kesehatan dan keselamatan warga pendidikan. Karenanya, ketika ada perubahan kondisi zona atau ada indikasi positif, pemda harus langsung menutup kegiatan pembelajaran di satuan pendidikan itu.

“Langsung sangat bergerak sangat cepat untuk melakukan penyesuaian melakukan penutupan kembali satuan pendidikan tersebut,” terang Evy.

Sementara itu, Plt. Dinas Pendidikan Kalbar Sugeng menambahkan bahwa koordinasi antar pihak terkait sangat baik dalam mensukseskan implementasi pembelajaran jarak jauh. Dengan begitu, hingga saat ini mayoritas sekolah pun menyatakan siap untuk membuka kegiatan pembelajaran.

Baca Juga :  Omnibus Law Sia-sia Dibawa ke MK, Hakimnya Dipilih DPR dan Presiden

“Kita memang menerima laporan dari pendidikan jenjang sekolah SMA, SMK dan SMP, baik negeri maupun swasta, jadi secara total 96 persen semua sekolah itu menyatakan siap untuk sarana dan pra sarana protokol Covid-19 ini,” ujar dia.

Sugeng juga mengemukakan bahwa dari 2 kota dan 12 kabupaten di Kalbar, jumlah masing-masing zona adalah 10 zona hijau, 3 zona kuning dan 1 oranye.

Comment