ICW: Jokowi Tak Pernah Terbukti Berpihak pada Pemberantasan Korupsi

KalbarOnline.com – Indonesia Corruption Watch (ICW) mengaku kaget mendengar pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi)  dalam sidang MPR dan DPR di Kompleks Parlemen, Jumat (14/8). Dalam pidatonya, Jokowi menyebut pemerintah tidak pernah main-main dengan isu pemberantasan korupsi.

Menanggapi pernyataan Jokowi, peneliti ICW Kurnia Ramadhana menilai, sejak awal berkuasa, Jokowi hanya omong kosong berpihak pada sektor pemberantasan korupsi.

“ICW cukup tercengang dan kaget mendengar pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo di DPR yang mengatakan bahwa ‘Pemerintah tidak pernah main-main dengan upaya pemberantasan korupsi’. Sebab, sejak awal pemerintahan Presiden Joko Widodo tidak pernah terbukti berpihak pada sektor pemberantasan korupsi,” kata Kurnia dikonfirmasi, Jumat (14/8).

Baca Juga :  Disuntik Vaksin Covid-19, Novel Baswedan: Hampir Enggak Terasa

Baca juga: Ada Pidato Kenegaraan Jokowi, Polda Metro Larang Demo di Depan DPR

Kurnia menyampaikan, salah satu pihak yang menciptakan situasi suram pada pemberantasan korupsi adalah pemerintah. Menurutnya, hal ini terlihat dari beberapa hal. Mulai dari memilih pimpinan KPK yang bermasalah, memberikan grasi kepada koruptor, ketidakjelasan penuntasan kasus air keras Novel Baswedan, hingga revisi UU KPK.

“Narasi janji yang sempat diucapkan oleh Presiden terkait dengan PerPPU KPK pun faktanya hanya omong kosong belaka,” cetus Kurnia.

Baca Juga :  Soal Nama Pelabuhan Internasional di Mempawah, Ini Kata Presiden Jokowi

Sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan pemerintah tidak pernah main-main dalam pemberantasan korupsi. Hal itu disampaikannya dalam pidato pada sidang MPR dan DPR, Jumat (14/8). Jokowi menyebut, pemberantasan korupsi dilakukan dalam upaya pencegahan melalui tata kelola yang sederhana, transparan dan efisien.

“Pemerintah tidak pernah main-main dengan upaya pemberantasan korupsi. Upaya pencegahan harus ditingkatkan melalui tata kelola yang sederhana, transparan, dan efisien. Hukum harus ditegakkan tanpa pandang bulu,” tegasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment