Gubernur, Pangdam, dan Kapolda Jabar Ikuti Uji Vaksin pada 25 Agustus

KalbarOnline.com–Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, pada 25 Agustus, beberapa pejabat daerah akan mengikuti uji klinis vaksin Covid-19 Sinovac di Kota Bandung. Di antaranya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Panglima Kodam III Siliwangi Mayjen Nugroho Budi Wiryanto, dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi.

”Kalau pejabat mah kan tanggal 25 Agustus, Pak Gubernur, Pak Kapolda, sama Pak Pangdam,” kata Yana seperti dilansir dari Anatar di tempat pelaksanaan uji klinis vaksin di Puskemas Garuda, Kota Bandung, Jumat (14/8).

Selain itu, Yana mengatakan, ada sekitar 10 aparatur sipil negara (ASN) yang menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19. ASN yang menjadi sukarelawan uji klinis, kebanyakan dokter dari Dinas Kesehatan Kota Bandung.

  • Baca juga : Penyuntikan Vaksin Covid-19 Dilakukan di Lima Tempat di Bandung 
Baca Juga :  WHO: Ada Vaksin Bukan Berarti Nol Kasus Covid-19

Yana mengatakan, dirinya disarankan tidak mendaftar menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19 Sinovac karena sudah pernah terinfeksi virus SARS-CoV-2. ”Saya sudah pernah (terinfeksi Covid-19), jadi penyintas atau survivor. Insya Allah sudah punya antibodi,” terang Yana.

Dia mengatakan, orang-orang yang menjadi sukarelawan dalam uji vaksin Covid-19 harus melakukan lima hingga enam kunjungan ke tempat uji klinis.

Baca Juga :  Vaksinasi Covid-19 jadi Harapan untuk Akhiri Pandemi di Indonesia

Pada Senin (10/8), Gubernur Jawa barat Ridwan Kamil mengatakan, sudah mendaftar menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19 Sinovac. ”Didaftarkan oleh tim kesehatan saya secara online. Jadi, kuitansi atau tanda bukti sudah ada. Jadi tidak ada istilah rakyat dikorbankan. Semua juga ikut. Gubernur ikut dalam proses ini. Kalau berhasil, nanti saya sampaikan berhasil untuk diproduksi dan kalau tidak berhasil saya sampaikan kurang berhasil,” kata Ridwan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment