Bolehkah Mencuci Buah dan Sayuran dengan Sabun?

Gengs, apa yang Kamu lakukan untuk membersihkan sayuran dan buah-buahan sebelum dimakan atau dimasak? Apakah Kamu mencucinya dengan sabun? Jika ya, itu adalah ide buruk karena bisa berbahaya bagi kesehatan Kamu dan keluarga tercinta. Selain itu, mencuci sayuran dan buah-buahan dengan sabun bisa memengaruhi rasa makanan tersebut.

The Food and Drug Administration (FDA) tidak menganjurkan Kamu untuk mencuci buah-buah dan sayuran dengan sabun karena residu (endapan) sabun masih akan tersisa. Hingga saat ini, FDA belum mengevaluasi keamanan residu yang tersisa dari sabun jika tertelan.

Baca juga: Tips Agar Makanan Tahan Lama di Kulkas

Bahaya Mencuci Buah dan Sayuran dengan Sabun

Jeff Farber, peneliti yang juga direktur di The Canadian Research for Food Safety mengatakan, “Kamu tidak seharusnya mencuci buah-buahan dan sayuran dengan sabun sebelum mengonsumsinya. Sabun digunakan untuk membersihkan selain makanan, bukan untuk buah-buahan dan sayuran. Cukup mencucinya dengan air dingin dari keran.”

Sementara itu, Benjamin Chapman, profesor dan spesialis ahli makanan di North Carolina State Univesity mengatakan bahwa residu sabun yang tersisa pada sayuran dan buah-buahan bisa menyebabkan masalah kesehatan. “Menelan residu sabun bisa menyebabkan iritasi gastrointestinal ringan dengan muntah, mual, sakit perut, dan diare,” kata Benjamin.

Sayuran dan buah-buahan merupakan produk berpori yang dapat menyerap sabun. “Itulah kenapa, FDA tidak menganjurkan Kamu mencuci sayuran dan buah-buahan dengan sabun. Kamu bisa menelan residu dari sabun yang diserap buah-buahan atau sayuran,” ungkap Benjamin.

Baca Juga :  Yuk, Beli 7 Sayuran yang Tahan Disimpan Berbulan-bulan, di Tengah Isolasi Mandiri Ini

Apabila sayuran dan buah-buahan yang Kamu beli terbungkus rapi dalam kemasan plastik, segera buang kemasan tersebut. Walau begitu, Jeff merekomendasikan agar Kamu membersihkan semua peralatan memasak dan meja makan sebelum dan sesudah menyiapkan makanan. “Bisa menggunakan sabun dan air atau disinfektan berbasis alkohol agar tidak ada virus dan kuman yang menempel,” jelas Jeff.

Baca juga: Mencuci Buah dengan Cuka, Perlukah?

Cara Membersihkan Buah dan Sayuran, Cukup Air Dingin

Lantas, bagaimana cara untuk membersihkan sayuran dan buah-buahan dari kuman yang menempel? Yang perlu Kamu lakukan adalah menggosok lembut produk tersebut dengan menggunakan kedua tangan sambil membilasnya di air mengalir. “Tidak perlu menggunakan sabun atau produk pembersih lainnnya,” kata FDA, di laman resminya.

Untuk buah-buahan yang keras seperti melon, nanas, mentimun, wortel dan alpukat, Kamu bisa menggunakan sikat gosok untuk membersihkannya. “Berdasarkan penelitian, sekitar 90 hingga 99 persen penyakit bawaan dan virus yang ada di sayuran dan buah-buahan dapat dihilangkan dengan air mengalir,” ucap Benjamin.

Terkadang, mikroba dapat menempel pada celah atau bagian lain dari buah dan sayuran yang tidak dapat dijangkau dengan air. “Tapi, menambahkan sabun untuk membersihkannya tidak akan lebih baik daripada air saja,” jelas Benjamin.

Baca Juga :  Hari Kesehatan Gigi dan Mulut, Seribu Siswa SD di Pontianak Ikuti Sikat Gigi Massal

Idealnya, gunakan air dingin untuk membersihkan sayuran dan buah-buahan. Itu karena, air panas dapat menyebabkan produk layu dan rusak. “Kamu bisa membersihkannya dengan air hangat, tapi tidak akan mendapatkan hasil lebih baik. Lagipula, air hangat bisa merusak cita rasa produk tersebut,” tutur Benjamin.

Ia juga menyarankan untuk membilas sayuran dan buah-buahan sesaat sebelum dimakan atau dimasak daripada setelah membersihkannya langsung setelah pulang dari swalayan. “Jika dibersihkan langsung, bisa menyebabkan sayuran dan buah-buahan lebih cepat busuk. Ada senyawa aktif pada sayuran dan buah-buahan yang dapat mencegah pembusukan,” aku Benjamin.

Baca juga: Yuk, Beli 7 Sayuran yang Tahan Disimpan Berbulan-bulan, di Tengah Isolasi Mandiri Ini

Referensi:

Food Network’s. 3 Myths About Washing Fruits and Veggies – and How to Do it Right

Global News. Do you need to wash fruits and vegetable with soap? Coronavirus experts weigh in

Live Science. Viral video advises washing fruit and vegetables with soap. Here’s why that’s a bad idea

Huffpost. Why You Shouldn’t Wash Produce With Soap During The Coronavirus Crisis

Comment