Mampukah Bersaing Meskipun MG HS Berikan Harga dan Fitur Menggiurkan

KalbarOnline.com – Rupanya MG Motors Indonesia menepati janjinya dengan meluncurkan MG HS, Kamis (13/8) di sebuah hotel kawasan Pondok Indah. MG Motors Indonesia mencoba bertarung di segmen yang cukup gurih, dimana beberapa “pemain” sudah lebih dulu hadir seperti Mazda CX-30, Toyota Corolla Cross, Mitsubishi Eclipse Cross, DFSK Glory i-AUTO, Wuling Almaz dan Honda CR-V .

Mobil yang bermain di segmen Mid SUV MG HS yang dibanderol tidak sampai Rp 430 juta menyajikan dua varian, yakni Excite dan Ignite. Sebelumnya merek asal Inggris ini pada Maret lalu lebih dulu memperkenalkan Morris Garage (MG) ZS.

Pada tipe Ignite sebagai top of the linenya dibanderol Rp 429.800.000 sedangkan untuk tipe Excite dibanderol lebih murah Rp 369.800.000. Dengan mempunyai banderol lebih murah dibanding kompetitor namun konsumen harus berbikir dua kali terkait after salesnya yang masih minim. Bahkan masih belum terlihat.

Tak hanya menggoda dengan harga kompetitif, MG HS juga dilengkapi dengan berbagai fitur serta mesin turbo. Bila pandang sekilas MG HS mirip dengan model yang terlebih dulu dirilis namun dimensi sedikit lebih besar.

Baca Juga :  Gara-gara PPKM Mikro Diberlakukan, IIMS Hybrid 2021 Bergeser ke April

Pada trim tertentu lampu depannya sudah berupa proyektor LED, sayangnya pada bagian bawah masih menggunakan halogen. Wujud desainnya kedua lampu mengapit grille dengan sebutan bahasa desain Star Rider.

Melekatkan ciri khas SUV mobil ini juga diberikan sentuhan lengkap dengan over fender hitam yang tipis, serta adanya sepasang roof rail. Tampilan belakannya tampak sporty dengan adanya lampu LED dan lekukan bodi bagian bawah yang membesar. Ditunjang dengan penggunaan bumper beserta underguard yang membuat kuat karakter SUV-nya.

Interior pada pada tipe tertingginya mempunyai kombinasi dua warna, merah dan hitam. Fasilitas hiburan dan kenyamanan dalam kabin terdapat sistem audio multifungsi berupa head unit 10 inci, speaker dengan teknologi 3D, lampu ambient. Lalu ada juga tombol audio dan phone bluetooth pada setir.

Pada fitur keselamatan MG HS memberikan sejumlah perangkat keselamatan aktif maupun pasif. Seperti 6 airbags, Rem ABS, EBD, BA, Auto Vehicle Hold (AVH).

Ada juga Electronic Differntial System, Door Opening Warning, Curve Brake Control, Stability Control System, Hill Start Assist. Tak ketinggalan Hill Descent Control, Anti Rolling Program serta Motor Control Slide Retainer.

Baca Juga :  Pasar Otomotif Mulai Menggeliat, Karimun Wagon R Meilirik Segmen Fleet

Jok belakang bisa dilipat 60:40, dan mempunyai sunroof (tipe tertentu), pengaturan jok pengemudi 6 arah sementara penumpang depan 4 arah, serta fitur tambahan berupa pemurni udara PM2.5.

Mobil ini mempunyai kapasitas mesin 1.500 cc namun dengan tambahan induksi turbo. Menggunakan mesin DOHC, 4-silinder dengan 16 katup dengan dukungan turbo TGI. Ini mampu mengeluarkan tenaga 160 dk di 5.600 rpm dan torsi maksimum 250 Nm pada putaran 1.700 hingga 4.400 rpm.

Menggunakan transmisi otomatis Twin Cluth Sportronic 7-percepatan. Sedangkan untuk tipe tertinggi mempunyai fitur Super Sport, berupa tombol mode berkendara yang diklaim membuat performa yang lebih buas.

Seperti disebutkan di atas, MG Motors Indonesia mengiming-imingi sebuah produk yang menggiurkan dari segi harga dan fitur. Namun konsumen Indonesia akan berpikir dua kali ketika melihat layanan after sales yang tersebar masih minim. Memang butuh perjuangan merek ini untuk perang di Industri otomotif Tanah Air, kita lihat saja.

Comment