by

Kemarin 61 Poin, Dua Hari Lalu 51 Poin, Selangkah Lagi ke Playoff

KalbarOnline.com – Seri reguler NBA 2019−2020 berakhir Sabtu nanti (15/8). Tapi, hari terpenting sesungguhnya adalah besok. Soalnya, empat tim wilayah barat yang masih punya kans merebut satu tiket playoff tersisa menjalani laga terakhir.

Mereka adalah Portland Trail Blazers, Memphis Grizzlies, Phoenix Suns, dan San Antonio Spurs.

Dari keempatnya, Trail Blazers dan Suns paling berpeluang merebut tiket terakhir tersebut. Kemenangan Trail Blazers atas Dallas Mavericks 134-131 kemarin membuat tim asuhan Terry Stotts itu kini mengambil alih posisi kedelapan wilayah barat dari Grizzlies.

Jika kembali menang melawan Brooklyn Nets besok, mereka memastikan diri tampil di play-in tournament dari posisi kedelapan. Ajang best of two tersebut akan berlangsung pada Minggu dan Senin.

Seandainya gagal menang, Damian Lillard dkk juga masih bisa tampil di play-in tournament. Syaratnya, dua dari tiga tim pesaing kalah di laga besok.

’’Tidak ada yang aku inginkan saat ini melebihi itu (tampil di playoff, Red),’’ ucap Lillard dilansir ESPN.

Kemarin point guard 30 tahun tersebut tampil gila lagi dengan mencetak 61 poin. Dua hari lalu (10/8) dia juga hot dengan 51 poin saat Trail Blazers menumbangkan Philadelphia 76ers.

Kini Lillard tercatat sebagai satu di antara hanya dua pemain dalam sejarah NBA yang mampu mencetak sedikitnya 60 poin sebanyak tiga kali dalam satu musim.

Satu-satunya pemain NBA lain yang bisa melakukan itu adalah Wilt Chamberlain. ’’Saat pertama datang ke sini (Orlando, Red), aku sudah bilang ke tim. Kita di sini bukan untuk buang-buang waktu,’’ tambahnya.

Trail Blazers jelas bakal mati-matian melawan Nets. Kemenangan akan membuat mereka datang ke play-in tournament dengan status peringkat kedelapan. Tim yang menduduki peringkat itu lebih mudah lolos playoff karena hanya butuh menang satu laga play-in tournament melawan tim peringkat kesembilan.

Siapa kandidat terkuat penghuni peringkat kesembilan? Jawabannya Suns. Tim asuhan Monty Williams itu kemarin meneruskan keajaiban dengan belum terkalahkan selama tujuh kali tampil di Orlando.

Rekor mereka kini 7-0. Sixers menjadi korban terakhir. Tim asuhan Brett Brown itu dihajar 117-130 oleh Suns.

Namun, syarat yang harus dipenuhi Suns memang berat. Besok mereka menghadapi tim kuat, yakni Mavericks. Semua tahu, di dalam tim itu ada sosok menakutkan: Luka Doncic.

Seandainya menang, mereka juga belum tentu lolos karena masih bergantung pada hasil pertandingan Grizzlies dan Trail Blazers.

’’Kami sadar, saat ini tidak bisa mengendalikan nasib sendiri,’’ ucap Williams. ’’Tapi, paling tidak kami sudah menempatkan tim ini di posisi yang baik. Toh, tim ini datang ke sini juga tanpa ada yang mengira kami bisa melangkah sejauh ini,’’ tambahnya.

Comment

News Feed