Ini Kiat Bhabinkamtibmas Polsek Muara Pawan Dalam Cegah Karhutla

Ini Kiat Bhabinkamtibmas Polsek Muara Pawan Dalam Cegah Karhutla

KalbarOnline, Ketapang – Bhabinkamtibmas Polsek Muara Pawan Polres Ketapang, Bripka Herlan melaksanakan patroli terpadu pemantauan wilayah yang rawan kebakaran hutan dan lahan serta menyambangi posko pencegahan pengendalian karhutla di Desa Sungai Awan Kiri, Kecamatan Muara Pawan, Kabupaten Ketapang, Kamis (13/8/2020).

Dalam kegiatannya, Bripka Herlan melaksanakan patroli bersama anggota Koramil, Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api (MPA) desa sungai awan kiri di seputaran hutan batas desa untuk memantau daerah hutan desa yang memang setiap tahunnya sering dilanda kebakaran.

Baca Juga :  Giliran Mahasiswa Ketapang Seruduk DPRD : Tolak RUU Kontroversi

“Wilayah hutan desa ini sering terjadi titik api mengingat selain tekstur tanah nya mayoritas gambut dan juga wilayah ini didominasi rumput kering yang mudah terbakar pada musim kemarau,” ujar Bripka Herlan.

Selain melakukan pemantauan lahan, tim gabungan juga melaksanakan sambang ke pemukiman desa untuk melakukan himbauan kepada masyarakat agar ikut berperan aktif dalam pencegahan karhutla di wilayah hukum Kecamatan Muara Pawan khususnya di Desa Sungai Awan Kiri.

Baca Juga :  Danrem 121/ABW Kunjungi Kodim 1203/Ketapang

Kapolsek Muara Pawan, IPDA Bagus Tri Baskoro dalam kesempatan itu mengatakan, kegiatan patroli terpadu ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Polsek Muara Pawan bersama instansi terkait untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah hukum Polres Ketapang.

“Kerjasama ini akan terus kami lakukan sebagai bentuk antisipasi potensi karhutbunla di wilayah hukum Polsek Muara Pawan,” tutupnya. (Adi LC)

Comment