by

Tingkatkan Minat Baca, DKPD Ketapang Hadirkan Pustaka Cafe

Tingkatkan Minat Baca, DKPD Ketapang Hadirkan Pustaka Cafe

KalbarOnline, Ketapang – Upaya meningkat jumlah pengunjung Perpustakaan Ketapang terus dilakukan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (DKPD) Kabupaten Ketapang dengan berbagai inovasi. Untuk lebih meningkatkan minat baca masyarakat, DKPD Ketapang menghadirkan fasilitas baru dihalaman kantornya berupa cafe baca dan kantin yang menjual berbagai jenis makanan ringan yang diberi nama Pustaka Cafe.

Fasilitas baru itu sendiri dibuka untuk umum mulai sejak jam operasional kantor hingga malam hari dengan fasilitas wifi gratis bagi pengunjungnya.

Pustakawan Madya DKPD Ketapang, Dwi Ariwibowo mengatakan kalau Pustaka Cafe sendiri telah dibuka sejak 11 Agustus 2020, Pusta merupakan bentuk inovasi pihaknya untuk menumbuh kembangkan minat baca masyarakat Ketapang.

“Tujuannya agar masyarakat yang suka nongkrong dapat membaca buku dengan nyaman santai. Sesuai dengan moto Pustaka Cafe yakni baca, ngopi dan online,” kata Dwi Ariwibowo, Rabu (12/8/2020).

Ia berharap dengan adanya inovasi ini akan lebih mendekatkan generasi muda dengan buku karena dilengkapi dengan fasilitas yang mengikuti budaya milenial.

“Kami berharap dengan adanya Pustaka Cafe ini dapat meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung ke Perpustakaan. Jadi masyarakat Ketapang di persilahkan untuk datang sembari menikmati suasana membaca buku dengan santai,” harapnya.

Sementara untuk pengelolaan Pustaka Cafe sendiri pihak DKPD Ketapang bekerja sama dengan pelaku UMKM seperti penjual gorengan, makanan ringan dan minuman yang ada di Ketapang untuk menggelar dagangannya dan mengelola Pustaka Cafe. (Adi LC)

Comment

News Feed