Salah Merawat Wiper Kaca Mobil Bisa Baret, Ini Cara yang Benar

KalbarOnline.com –  Berkendara dengan cuaca hujan tentu sangat membahayakan. Karena, jarak pandang yang terbatas akibat derasnya air hujan. Supaya tetap aman ketika berkendara maka rawatlah wiper dan karet jendela dengan baik agar bisa berfungsi maksimal.  Agar selama perjalanan jarak pandang Anda tidak akan terganggu.

Ada beberapa tips merawat wiper dan karet jendela mobil, yang pertama jagalah elastisitas wiper dan karet jendela mobil. Tahukah Anda bahwa wiper selain terbuat dari rangka besi, wiper juga memiliki bagian yang terbuat dari material karet. Bagian inilah yang memiliki fungsi untuk menghalau air hujan menutupi kaca mobil Anda.

Supaya bagian tersebut tetap terjaga maka jangan sering memarkirkan mobil  Anda di tempat yang sangat panas. Karena, panasnya matahari akan diserap oleh kaca mobil dan akan berdampak pada wiper dan karet jendela.

Baca Juga :  Virgil Abloh Sulap G-Class jadi Mobil Balap Mewah

Langkah kedua adalah berhati-hati saat mencuci wiper dan karet jendela mobil. Pada saat mencuci mobil, bagian wiper dan karet jendela tentunya bagian yang tak terlewatkan untuk dibersihkan. Ternyata Anda harus berhati-hati saat membilas bagian-bagian karetnya. Karena pada bagian wiper  dan karet jendela mobil terdapat cairan khusus yang berfungsi sangat penting. Fungsi tersebut adalah sebagai pelindung dan pelembab.

Tips Merawat Wiper Mobil

Dalam merawat wiper mobil ada caranya sendiri lho. Nah, cara merawat wiper  yang benar adalah jangan membilas karet wiper dengan sabun cuci mobil. Anda cukup menyiram wiper dengan air bersih dan lap permukaan karetnya dengan hati-hati. Biarkan air mengering sendiri dengan cara menegakkan wiper setelah Anda mencucinya.

Baca Juga :  Kontes Modifikasi Digital Pakai Suzuki XL7 atau GSX-R150

Setelah Anda mencucinya dengan baik dan benar. Maka Anda harus memberikan pelumas pada bagian poros wiper secara berkala untuk mencegah terjadinya aus. Hal tersebut perlu dilakukan supaya perputaran pada wiper saat menyapu air dan kotoran pada saat musim hujan tidak terhambat.

Rawatlah wiper dan karet jendela mobil Anda dengan baik. Supaya wiper mobil dan karet jendela  mobil Anda selalu berfungsi dengan baik dan maksimal. Semoga bermanfaat.

Comment