Nyaris Tidak Diajak, Namun Menggila dan Sapu Bersih Delapan Kemenangan

KalbarOnline.com – Siapa tim paling hebat dalam lanjutan musim NBA (atau NBA Restart) yang digeber di Orlando ini? Jawabnya Phoenix Suns. Hingga kemarin (11/8), mereka menjadi satu-satunya tim yang belum pernah terkalahkan.

Winning streak Devin Booker dkk berlanjut ketika menumbangkan Oklahoma City Thunder 128-101 dini hari kemarin. Booker tampil beringas dengan membukukan 35 poin.

Total, seperti yang tertulis di nama Twitter Suns, mereka sudah membukukan rekor 6-0 di Orlando. Dan itu bertambah menjadi 7-0 karena Booker dkk menang atas Philadelphia 76ers dini hari tadi dengan skor 130-117. Tim tersebut ditinggal dua bintang mereka, Joel Embiid dan Ben Simmons, yang cedera.

Hasil ini sangat luar biasa. Sebab, Suns sempat hendak tidak diajak ke NBA Restart karena rekor mereka buruk dan nyaris tidak masuk ke playoff.

Hasil kemarin makin membuka peluang Suns untuk merebut posisi sembilan wilayah barat. Rekor mereka kini 32-39. Hanya terpaut 1,5 pertandingan dari peringkat kedelapan Memphis Grizzlies (33-38). Mereka juga cuma terpaut 0,5 pertandingan dengan peringkat kesembilan Portland Trail Blazers (33-39).

Baca Juga :  Warning Petinju yang Pernah Meng-KO Mike Tyson: Roy Jones Bakal Hancur

Suns butuh menduduki peringkat kesembilan untuk bisa terlibat dalam play-in tournament. Hal itu akan ditentukan pada dua pertandingan terakhir seri reguler ini.

Laga-laga tersebut akan berlangsung hari ini dan Jumat. Grizzlies, Trail Blazers, dan Suns sama-sama bertanding di dua hari tersebut.

’’Kami belum mencapai apa pun,’’ ucap Monty Williams, head coacah Suns, seperti dilansir ESPN. ’’Tujuan utama kami saat ini adalah playoff. Semua pemain sepakat akan hal itu,’’ tambahnya.

Play-in tournament adalah format khusus yang diberlakukan NBA musim ini untuk menentukan tim yang berhak menuju playoff. Turnamen tersebut harus diadakan jika ada dua tim peringkat kedelapan dan kesembilan yang rekornya ketat. Yakni, terpaut kurang dari empat pertandingan. Dan itulah yang terjadi saat ini.

Aturan play-in diadakan karena masing-masing tim musim ini tidak memainkan jumlah pertandingan seri reguler yang sama akibat kondisi darurat pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Dua Pemain Naturalisasi Masuk Skuad, Timnas Putuskan Coret Tiga Nama

Dalam play-in tournament, tim peringkat kedelapan dan kesembilan akan bertanding dua kali berturut-turut dengan format best of two.

Tim peringkat kesembilan butuh menang dua kali berturut-turut untuk merebut tiket playoff. Sementara tim peringkat kedelapan akan melenggang ke playoff dengan cukup merebut satu kemenangan saja.

Secara hitung-hitungan kasatmata, Suns punya peluang besar merebut peringkat kesembilan. Lawan mereka di dua pertandingan terakhir relatif lebih mudah dibanding Grizzlies.

Setelah menghadapi 76ers, pada laga terakhir Suns bakal meladeni Dallas Mavericks Jumat dini hari mendatang (14/8). Mavericks sudah pernah mereka kalahkan 117-115 di Orlando pada pertandingan kedua (3/8).

Grizzlies sendiri harus bertarung menghadapi dua tim kuat. Yakni, Boston Celtics dan Milwaukee Bucks. Sementara itu, Trail Blazers menghadapi Mavericks dan Brooklyn Nets. Jika Grizzlies tergelincir di dua laga terakhir ini, Trail Blazers dan Suns punya peluang menduduki posisi delapan-sembilan untuk bentrok di play-in tournament.

Comment