by

Bupati Kubu Raya Pastikan Pemberian Vitamin A Untuk Bayi dan Balita

Bupati Kubu Raya Pastikan Pemberian Vitamin A Untuk Bayi dan Balita

KalbarOnline, Kubu Raya – Puskesmas Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya gelar pelayanan pemberian vitamin A gratis untuk para bayi dan balita. Bupati Kubu Raya Muda Mehendrawan mengatakan pemberian vitamin A untuk bayi dan balita tersebut diIaksanakan secara serentak di setiap Puskesmas dan Puskesmas Pembantu (Pustu) pada sembilan Kecamatan.

“Termasuk juga pelayanan kesehatan lainnya seperti pemberian vitamin E untuk para remaja putri serta pelayanan pemeriksaan kesehatan pada ibu-ibu mengandung dengan alat ultrasonografi (USG),” ucap Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan ditemui di Kecamatan Sungai Kakap, Selasa (11/8/2020).

Pelayanan kesehatan gratis dengan USG Portable dari Pemerintah Kubu Raya yang telah digaungkan beberapa waktu lalu menjadi selaras dengan bulan pemberian vitamin A yang laksanakan secara nasional disetiap pelosok wilayah Indonesia. Melalui data dari alat USG Portable terang Bupati Muda maka disetiap Puskemas dapat mengetahui kesehatan janin bayi dalam kandungan, serta percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi dan Balita (AKB).

“Dengan seperti itu, sistem informasi ibu hamil dan ibu melahirkan dapat terus terupdate. Melalui data dari USG Portable, dapat kita rujukan apabila ada kejanggalan dalam kandungan. Minal kita dapat menimalisir resiko pada janin bayi dalam kandungan seperti stunting dan lainnya,” terang Bupati.

Terkait dengan pelayanan kesehatan pada bulan Agustus khususnya pemberian vitamin A pada bayi dan balita, tambah Muda Mahendrawan. Puskesmas Sungai Kakap juga melaksanakan pelayanan pemeriksaan cholinesterase dalam darah.

“Hari ini juga dilakukan pemeriksaan aktivitas cholinesterase dalam darah. Karena selama ini, kita telah banyak mengkonsumsi makanan serta minuman yang tidak luput dari zat kimia serta bahan-bahan pengawet,” terang Bupati.

Dengan seperti itu, Bupati turut mengimbau kepada seluruh masyarakat Kubu Raya agar tidak mengkonsumi makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet.

“Untuk itu sering kita ingatkan kepada masyarakat agar perkuat pangan lokal dengan mengkonsumsi pangan lokal kita akan terhindar dari bahan-bahan pengawet yang ada di kemasan-kemasan makananan,” imbaunya.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kubu Raya, Rosalina Muda Mahendrawan mengatakan Kader PKK turut berpartisipasi dalam program kesehatan khususnya pemberian vitamin A untuk bayi dan balita. Menurut Rosalina setiap kader PKK yang aktif dalam Pokja IV mendapat tugas untuk mendata warga yang mempunyai bayi dan balita berumur 0 – 59 bulan.

“Untuk diberikan vitamin A, kemudian juga anak remaja putri untuk diberikan vitamin E. Karena dengan pemberian vitamin untuk anak-anak kita, dapat membantu menjaga kesehatan mereka sebagai masa depan bangsa,” tegas Rosalina Muda Mahendrawan. (irdiansyah/MC KubuRaya)

Comment

News Feed