by

Bos Mercedes Terang-Terangan Menyebut Max Verstappen Pesaing Terberat

KalbarOnline.com – Akhirnya, ada yang mengganggu dominasi Mercedes musim ini. Kemenangan jagoan Red Bull Max Verstappen pada 70th Anniversary GP di Sirkuit Silverstone pada Minggu malam (9/8) memutus rantai kemenangan Lewis Hamilton (tiga race terakhir) dan Valtteri Bottas.

Toto Wolff, team principal Mercedes, terang-terangan menyebut Verstappen sebagai pesaing serius dua jagoan mereka untuk memperebutkan gelar musim ini. Pembalap muda Belanda itu sekarang berada di peringkat kedua, terpaut 30 poin dari Hamilton dan unggul empat poin atas Bottas pada tabel klasemen sementara pembalap.

Wolff mewanti-wanti timnya untuk tetap membumi. Sebab, terlepas dari dominasi mereka dalam lima seri pertama, Silver Arrows juga memiliki handicap. Berkaca dari dua balapan beruntun di Silverstone, Mercedes punya masalah dengan manajemen ban. Terutama dalam kondisi suhu panas ekstrem di lintasan.

’’Kami mungkin memiliki paket tercepat, tapi melibatkan downforce besar. Downforce besar membuat ban bekerja lebih berat,’’ terang Wolff sebagaimana dilansir Motorsport.

Itulah PR serius Mercedes agar kinerja W11 mereka lebih maksimal.

Sementara itu, Team Principal Red Bull Christian Horner enggan berspekulasi terkait dengan kans Verstappen untuk bersaing memperebutkan gelar. Namun, dia mengakui benar bahwa potensi RB16 tersaji jelas pada balapan akhir pekan lalu.

’’Baru kali ini kami benar-benar melihat kinerja mobil yang kami yakini mampu (bersaing),’’ ujar Horner.

Tim yang berbasis di Milton Keynes, Inggris, itu punya track record lebih kompetitif saat musim berjalan. Balapan kelima musim ini di Silverstone menjadi momentum kebangkitan Red Bull menuju persaingan singgasana juara.

Secara terpisah, dari Ferrari, Sebastian Vettel masih sulit bersaing musim ini. Ketika rekan setimnya, Charles Leclerc, berhasil mendulang dua kali podium musim ini, Vettel sulit bersaing di papan tengah. Finis keenam pada GP Hungaria adalah capaian terbaiknya musim ini.

Team Principal Ferrari Mattia Binotto menyangkal mengorbankan Vettel demi membantu strategi Leclerc pada balapan pekan lalu. Pada akhir race, Vettel finis ke-12. Leclerc finis di posisi keempat. Masalah sasis SF1000 ditengarai menjadi penyebab Vettel kurang kompetitif.

Binotto menjelaskan, ada kemungkinan pihaknya akan memberikan sasis baru buat Vettel pada GP Spanyol akhir pekan ini. ’’Itu (sasis baru) yang sedang kami diskusikan. Menurutku, kami terbuka jika itu bisa membantu Sebastian,’’ katanya dilansir situs resmi F1.

Comment

Terbaru