Wamenag: Penguatan Moderasi Beragama Dimulai dari KUA

KalbarOnline.com – Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan peningkatan kualitas pelayanan kehidupan beragama merupakan prioritas Kementerian Agama (Kemenag) dalam penguatan moderasi (pengajaran) beragama. Salah satu program prioritas nasional yaitu peningkatan pelayanan bimbingan perkawinan dan keluarga.

“KUA sebagai institusi beserta penghulu sebagai elemennya merupakan aktor penting untuk memperkuat terimplementasikannya moderasi beragama di tengah masyarakat, melalui peningkatan pelayanan bimbingan perkawinan dan keluarga,” kata Wamenag di Jakarta, Selasa (11/8).

  • Baca juga: Wamenag Ingatkan Pentingnya Jaga Kesahihan Alquran

Menurut Wamenag, memperkuat moderasi beragama sebagai fondasi cara pandang, sikap, dan praktik beragama merupakan jalan tengah untuk meneguhan toleransi, kerukunan dan harmoni sosial. Ini merupakan bagian dari program prioritas dalam Rancangan Teknokratik RPJMN 2020-2024.

Baca Juga :  Hadapi Moderasi Beragama, Kemenag Melawi Gelar Pembinaan Penyuluh Agama Islam

“Karena peran penghulu yang bersentuhan sejak dini dalam lembaga sosial terkecil di negara namun memiliki peran besar, yaitu keluarga,” tambahnya.

Tidak dapat disangkal bahwa peran penghulu penting dalam pembentukan awal keluarga sakinah. Sedangkan keluarga memiliki potensi sangat besar untuk menanamkan dan menyemai praktik moderasi beragama.

Praktik moderasi beragama tidak dapat diandaikan terjadi begitu saja secara alamiah, melainkan harus disemai sejak nilai-nilai setiap individu warga bangsa dibentuk. “Kita sebagai umat muslim mengetahui bahwa salah satu maqashid syariah adalah hifdzu an-nasl (memelihara keturunan). Oleh sebab itulah pernikahan sebagai lembaga sosial merupakan sunnah Rasul,” ujarnya.

Baca Juga :  Ahok Bongkar Aib Pertamina, Stafsus BUMN: Komunikasikan Dengan Baik

Wamenag menambahkan, pihaknya memiliki konsep keluarga sakinah, sebagai keluarga damai yang menentramkan anggota keluarganya serta memberi manfaat besar bagi masyarakat, bangsa dan negara, yang dibangun di atas landasan nilai keadilan, kesalingan, dan keseimbangan, yang selaras dengan prinsip-prinsip moderasi beragama.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag DKI Jakarta Saiful Mujab mengatakan kegiatan ini merupakan rutin. “Dalam kegiatan ini kami menghadirkan KH Zulfa Mustofa sebagai pembimbing. Kegiatan ini juga sekaligus sebagai koordinasi dan silaturahmi dalam rangka melaksanaakan tugas sehari-hari,” ungkapnya.

Comment