Lobi Pemerintah AS, Qualcomm Siap Pasok Chip 5G ke Huawei

KalbarOnline.com – Pembuat chip kenamaan, Qualcomm, dilaporkan sedang melobi pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk mengizinkannya memasok Huawei dengan chip untuk smartphone 5G-nya. Menurut laporan Wall Street Journal, pembuat chip mencoba menjual chip 5G-nya ke raksasa teknologi Tiongkok yang mungkin pada akhirnya membantu perusahaan-perusahaan Amerika.

Dalam upayanya, Qualcomm menyatakan bahwa larangan Huawei tidak mencegah perusahaan memperoleh suku cadang yang diperlukan dan justru mendorong miliaran dolar dari kemungkinan penjualan ke pembuat chip asing seperti Samsung dan MediaTek. Dengan kata lain, mencabut larangan sebenarnya bisa membantu perusahaan Amerika lebih kompetitif.

  • Baca juga: Qualcomm Snapdragon 865 Dilaporkan Bakal Punya Varian Downgrade
Baca Juga :  Tiongkok Jatuhkan Sanksi kepada 28 Pejabat AS di Era Donald Trump

Pembuat chip AS itu juga menyatakan bahwa mungkin ada pergeseran cepat dalam pangsa pasar chipset 5G, mengingat pembatasan ditempatkan dan bukan pada saingan. Selain itu, perusahaan telah terbuka tentang keinginan untuk memasukkan Huawei sebagai salah satu pelanggannya, menjual chip ke setiap OEM ponsel cerdas, termasuk Huawei.

Seperti dilansir KalbarOnline.com dari Gizmochina, Selasa (11/8), saat ini beberapa perusahaan telah menerima lisensi untuk menjalankan bisnis dengan Huawei, seperti Intel, Micron, dan Xilinx. Meski Qualcomm tidak mencari perubahan besar-besaran, pengecualian yang diberikan kepada perusahaan mungkin masih dilihat sebagai pelemahan utama dari larangan tersebut.

Baca Juga :  Bluetooth Alliance: Samsung Galaxy S21 Akan Pakai Chip Exynos 1080

Ponsel pintar Huawei adalah salah satu bisnis utamanya dan ini juga bisa dianggap tidak konsisten. Hal ini mengingat Google masih dibatasi untuk menyediakan dukungan GMS di ponsel pintar Android dari Huawei.

Comment