Komunitas Sepedaanyuks Gelar Aksi Sosial

Komunitas Sepedaanyuks Gelar Aksi Sosial

KalbarOnline, Kubu Raya – Bersepeda sebagai gaya hidup. Hal tersebut, diutarakan Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo saat mengikuti kegiatan Sunday Morning Riding (Sunmori), Minggu (9/8/2020) yang juga turut dihadiri Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. Menurut Wabup Sujiwo, bersepeda tak sekadar olahraga yang menyehatkan. Namun juga mempunyai banyak manfaat.

“Bersepeda ini banyak sekali fungsinya. Silaturahminya dapat, refereshing-nya dapat, dan sehatnya dapat. Jadi kita ingin sepeda ini bukan lagi sebagai gaya-gayaan, tetapi sudah menjadi gaya hidup. Kalau di luar negeri, bersepeda ini sudah menjadi lifestyle,” tutur, Wabup Sujiwo.

Kegiatan Sunmori digelar untuk memeriahkan peringatan ulang tahun pertama Komunitas Sepedaanyuks. Selain bersepeda dari halaman Auditorium Universitas Tanjungpura Pontianak hingga Hotel Gardenia Kubu Raya, panitia juga menggelar aksi sosial donor darah dan konser amal.

Baca Juga :  Ketua GOW Kubu Raya Ajak Masyarakat Kurangi Penggunaan Limbah Plastik : Terbukti Bahaya

Wakil Bupati Sujiwo menerangkan bersepeda dapat menjadi salah satu solusi mengurangi pencemaran udara dan efek rumah kaca. Karena itu, dirinya berharap budaya bersepeda dapat terus dijaga. Sehingga ke depan bersepeda dapat menjadi transportasi utama masyarakat dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

“Kalau di sejumlah negara, di titik-titik transportasi umum selalu tersedia tempat-tempat parkir sepeda. Misalnya di stasiun kereta api maupun terminal bus. Nah, harapan saya suatu ketika nanti kita dapat berangkat bekerja, sekolah, dan kuliah dengan sepeda. Sehingga akan meminimalkan polusi dan gas rumah kaca. Yang selama ini kita rasakan bumi ini sudah panas, polusi tinggi, dan salah satu penyebabnya adalah cerobong-cerobong pabrik dan kenalpot motor serta mobil,” terangnya.

Baca Juga :  Enam Etnis di Kubu Raya Akan Gelar Seni dan Budaya

Terkait ulang tahun ke satu Komunitas Sepedaanyuks, Sujiwo atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mengucapkan selamat. Dirinya berharap Komunitas dapat terus eksis memasyaratkan olahraga sepeda.

“Semoga komunitas ini bisa terus memberikan inspirasi, spirit, dan motivasi kepada masyarakat untuk menumbuhkembangkan semangat berolahraga dengan sepeda,” ucapnya. (ian)

Comment