by

111 Calon Hakim Ad Hoc MA Lolos Seleksi Administrasi

KalbarOnline.com – Sebanyak 111 calon hakim ad hoc Mahkamah Agung (MA) dinyatakan lolos seleksi administrasi. Jika diperinci, 76 orang calon hakim ad hoc Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dan 35 orang calon hakim ad hoc hubungan industrial.

“Kebutuhan seleksi terdiri dari enam orang hakim ad hoc Tipikor pada MA dan dua orang hakim ad hoc hubungan industrial pada MA yang berasal dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) dan Serikat Pekerja/Serikat Buruh,” kata Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY, Aidul Fitriciada Azhari dalam keterangannya, Selasa (11/8).

Aidul menyampaikan, bila diperinci berdasarkan profesi, maka calon hakim ad hoc Tipikor pada MA yang dinyatakan lolos seleksi administrasi terdiri dari 61 orang hakim, tiga orang akademisi, tujuh orang pengacara dan lima orang profesi lainnya.

Sementara itu, berdasarkan tingkat pendidikan enam orang bergelar sarjana (S1), 51 orang bergelar magister (S2), dan 19 orang bergelar doktor (S3).

“Berdasarkan kategori jenis kelamin, 67 orang laki-laki dan 9 orang perempuan,” ucap Aidul.

Aidul menyebut, bagi calon hakim ad hoc MA yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, berhak mengikuti seleksi kualitas pada Senin (24/8) sampai dengan Selasa (25/8) secara daring melalui website poster.setneg.go.id.

Baca juga: Di Tengah Pandemi, KY Buka Seleksi Calon Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc

“Materi yang diujikan pada seleksi kualitas meliputi menulis makalah di tempat, studi kasus hukum, studi kasus Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH), dan tes objektif,” ujar Aidul.

Dalam melakukan seleksi, lanjut Aidul, KY menekankan pentingnya faktor integritas untuk dimiliki oleh para calon. Sehingga, KY mengharapkan partisipasi masyarakat agar memberikan informasi atau pendapat secara tertulis tentang integritas, kapasitas, perilaku, dan karakter calon hakim ad hoc pada MA.

BACA JUGA:  Jaja Titip Banyak PR, 7 Anggota KY Periode 2020-2025 Resmi Bertugas

“Informasi atau pendapat tertulis diharapkan diterima Tim Seleksi Calon Hakim ad hoc pada MA paling lambat 25 September 2020 di alamat e-mail: [email protected],” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment