Tim Riset Sudah Tes Usap 21 Orang Relawan Uji Vaksin Covid-19

KalbarOnline.com–Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Sinovac Universitas Padjajaran (Unpad) sudah melakukan tes usap polymerase chain reaction (PCR) kepada 21 relawan. Mereka bakal mengikuti uji vaksin dari Tiongkok itu.

Dokter Laboratorium Riset Uji Vaksin Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad Sunaryati Sudigdoadi mengatakan, pengambilan tes usap itu dilakukan di RSP Unpad di Jalan Eyckman, Kota Bandung pada Senin (10/8). Hasil tes usap itu bakal keluar pada Selasa (11/8).

”Kami sudah melakukan tes usap kepada 21 relawan. Semuanya dalam keadaan sehat pada saat dicek,” kata Sunaryati seperti dilansir dari Antara di Bandung pada Senin (10/8).

Apabila hasilnya negatif dari Covid-19, lanjyt dia, para relawan itu bisa mengikuti uji vaksin. Sedangkan yang positif Covid-19, tidak diperkenankan mengikuti uji vaksin. Meski sudah dinyatakan negatif, para relawan itu harus mengikuti tes cepat untuk memastikan kesehatan pada saat penyuntikan vaksin yang direncanakan dilakukan pada Selasa (11/8).

Baca Juga :  93 Juta Orang dalam PBI BPJS Jadi Prioritas Vaksin Covid-19 Gratis

”Dari 21 orang, tadi semuanya sehat. Ada anak muda, ada ibu-ibu. Semuanya sehat, tinggal hasilnya besok (11/8), lalu dites cepat. Kalau semuanya memenuhi syarat, pasti 21 orang itu besok dilakukan penyuntikan uji klinis vaksin,” kata Sunaryati Sudigdoadi.

Pada proses uji vaksin Selasa (11/8), Presiden Joko Widodo bakal melakukan kunjungan ke tempat uji vaksin itu di RSP Unpad, Kota Bandung. Selain ke RSP Unpad, Presiden juga bakal berkunjung ke PT Bio Farma di Kota Bandung, sebagai tempat produksi vaksin.

Manajer Lapangan Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Sinovac Eddy Fadliyana menyebut, sejauh ini sudah ada sekitar 1.020 calon relawan yang mendaftarkan diri untuk mengikuti uji vaksin dari Tiongkok itu. Pelaksanaan uji vaksin hari pertama itu, bakal dilakukan di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Padjadjaran, Jalan Eyckman, Kota Bandung.

”Sebetulnya sama saja. Hanya pemeriksaan di RSP itu, tes usapnya (swab test) didahulukan. Sama saja sih prosedurnya, tidak ada yang berbeda. Besok (11/8) RSP imunisasi, kalau di tempat lain baru tahap awal,” kata Eddy.

Baca Juga :  Pendaftaran CPNS Dibuka Lagi, Siapkan Dokumen Ini Biar Lulus Seleksi

Menurut Eddy, semua tempat yang ditunjuk menjadi lokasi uji vaksin Covid-19 ini dipastikan sudah siap. Sarana prasarananya, menurut dia, sudah sesuai dengan protokol kesehatan.

”Uji vaksin itu dilakukan di enam lokasi, yakni RSP Unpad, Balai Kesehatan Unpad Dipatiukur, Puskesmas Dago, Puskesmas Sukapakir, Puskesmas Garuda, dan Puskesmas Ciumbuleuit,” terang Eddy.

Dari seluruh calon relawan, tambah dia, tak menutup kemungkinan sudah ada ASN yang ikut mendaftar. Sebab, pendaftaran relawan itu terbuka untuk umum.

”Dari ASN mungkin ada. Saya tidak melihat statusnya. Pokoknya masyarakat yang mau silakan saja. Yang penting memenuhi syarat antara lain usia relawan 18 hingga 59 tahun dan dalam keadaan sehat tanpa penyakit bawaan,” ucap Eddy.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Comment