Ingin Mencoba Kencan Online? Ketahui Beberapa Hal Ini Dulu!

Di era yang serba digital ini, bukan hanya pakaian atau makanan saja yang bisa kita cari melalui internet, bahkan pasangan pun bisa kita temukan melalui jejaring sosial. Ya, situs kencan online memang menjadi cukup populer beberapa tahun belakangan. Tidak heran jika banyak orang yang akhirnya mencoba peruntungan mereka dalam hal perjodohan melalui situs-situs ini.

Nah, jika Kamu adalah salah satu yang berniat untuk mencoba mencari sang pujaan hati melalui layanan kencan online ini, ada beberapa hal nih yang perlu Kamu ketahui terlebih dulu.

Baca juga: Ingin Kencan Kamu Berkesan? Coba 9 Cara Ini!

Mengapa Kencan Online Menjadi Populer Saat Ini?

Perkembangan teknologi dan internet memang menjadi kombinasi penemuan besar yang membuat hampir semua orang bergantung padanya. Sebuah survei yang dilakukan pada tahun 2013 bahkan menemukan bahwa 77% orang menganggap “sangat penting” untuk membawa smartphone mereka setiap saat.

Perkembangan ini lantas tak hanya merambah dunia perdagangan atau perbankan, melainkan juga dimanfaatkan oleh situs penyedia jasa kencan. Menurut Pew Research Center, sebagian besar orang Amerika mengatakan bahwa kencan online adalah cara yang baik untuk bertemu seseorang. Bahkan, saat ini, layanan kencan online menjadi cara paling populer kedua untuk menemukan pasangan.

Popularitas kencan online didorong oleh beberapa hal, tetapi faktor utamanya tentu saja efisiensi waktu. Bayangkan saja, kita dapat berkenalan dengan banyak orang dari berbagai latar belakang hanya dalam hitungan menit.

Statistik menunjukkan bahwa saat ini sekitar 1 dari 5 hubungan dimulai melalui kencan online. Bisa diperkirakan bahwa pada tahun 2040 mendatang, 70% dari populasi mungkin akan bertemu dengan orang terpenting dalam hidupnya melalui internet.

Apa yang Perlu Diketahui Jika Ingin Mencoba Layanan Kencan Online?

Berkenalan melalui jejaring online sama saja dengan berkenalan dengan orang asing yang kita tidak kenali betul latar belakangnya. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan jika ingin melakukannya, terlebih jika Kamu memang bertujuan untuk mencari pasangan.

Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu Kamu ketahui jika ingin mencoba layanan kencan online.

Baca Juga :  7 Cara Cerdas Menghadapi Pasangan yang Mudah Cemburu

1. Tidak sedikit orang yang berbohong mengenai profil mereka

Kebanyakan orang tentu ingin tampak menarik untuk mendapatkan perhatian. Terlebih dalam situs kencan online. Jadi, jangan heran jika beberapa orang akhirnya memalsukan profil mereka.

Sebuah studi terhadap lebih dari 1.000 data online di AS dan Inggris yang dilakukan oleh lembaga riset global Opinion Matters menemukan beberapa statistik yang sangat menarik. Sebanyak 53% dari peserta AS mengaku telah memalsukan profil mereka.

Wanita ternyata lebih banyak berbohong daripada pria, dengan ketidakjujuran paling umum adalah soal penampilan. Lebih dari 20% wanita memposting foto diri mereka yang lebih muda. Tidak jauh berbeda dengan para pria.

Meski tidak memalsukan penampilan, para pria lebih banyak berbohong tentang situasi keuangan mereka, khususnya tentang memiliki pekerjaan yang lebih baik (secara finansial) daripada yang sebenarnya mereka lakukan. Lebih dari 40% pria mengindikasikan bahwa mereka melakukan ini, tetapi taktik ini juga digunakan oleh hampir sepertiga wanita.

Sementara ketidakjujuran yang tidak biasa di antara sampel peserta asal Inggris, 44% memang mengaku berbohong di profil online mereka. Dalam sampel AS dan Inggris, ketidakjujuran menurun dengan bertambahnya usia. Mungkin orang yang lebih tua hanya lebih tertarik untuk memproyeksikan diri mereka yang sebenarnya, daripada versi yang dibayangkan atau ideal.

2. Bersiaplah akan hubungan yang menjurus pada hubungan seksual

Salah satu masalah besar dengan kencan online untuk wanita adalah bahwa, meskipun ada pria sejati yang mencari hubungan di situs, ada juga banyak pria di sana hanya mencari kepuasan seks. Sementara kebanyakan orang akan setuju bahwa rata-rata pria lebih menginginkan seks daripada wanita, tampaknya banyak pria yang juga berasumsi bahwa jika seorang wanita melakukan kencan online, dia tertarik untuk tidur dengan orang asing.

Kencan online memang memudahkan setiap orang untuk saling berkenalan, tetapi wanita harus menyadari dan waspada jika suatu saat mereka mungkin akan menerima pesan kasar atau menjijikkan dari pria yang hanya bertujuan untuk memuaskan hasrat seksualnya.

Baca Juga :  Waspada, 8 Tanda Ini adalah Gejala Sulit Hamil

Baca juga: Kencan Anti Mainstream bersama Pasangan

3. Berhati-hatilah ketika memberikan data pribadi

Ada banyak kejahatan di dunia siber yang kini merajalela dengan modus yang juga sulit ditebak. Oleh karenanya, berhati-hatilah setiap kali memberikan data pribadi kepada orang lain, bahkan pada seseorang yang Kamu rasa sudah cukup cocok ketika berbicara melalui situs kencan online.

Jangan pernah memberikan alamat email, password, atau bahkan alamat rumahmu. Jika mereka mengajakmu untuk bertemu, usahakan untuk mencari lokasi yang agak jauh dari rumahmu. Ingatlah, bagaimanapun juga, orang tersebut baru Kamu kenal dari dunia maya dan belum Kamu kenali betul latar belakang kehidupan sesungguhnya.

4. Hubungan yang bermula dari kencan online mungkin tidak bertahan lama

Meski tidak selalu, namun menurut penelitian yang dilakukan di Michigan State University, hubungan yang bermula dari kencan online, 28% lebih mungkin mengalami perpecahan di tahun pertama mereka daripada hubungan yang diawali dengan tatap muka secara langsung. Selain itu, pasangan yang bertemu secara online juga hampir tiga kali lebih mungkin mengalami perceraian dibanding pasangan yang awalnya bertemu langsung.

Namun, seperti disebutkan sebelumnya, bahwa tidak semua hubungan yang bermula dari kencan online akan berakhir dengan perpisahan. Masih ada sekitar 5% orang Amerika yang awalnya bertemu secara online dan saat ini berada dalam hubungan berkomitmen atau pernikahan.

5. Memunculkan sifat pemilih dan juga menghakimi

Sangat mudah untuk menyeleksi orang-orang secara online. Jika Kamu melihat profil yang tidak sesuai, maka Kamu akan langsung menolaknya begitu saja. Menurut Asosiasi Ilmu Psikologi, proses seleksi ini menyebabkan seseorang lebih mudah menghakimi dan menolak sosok yang dirasa tidak sempurna. Padahal, kemungkinan ini lebih kecil terjadi ketika seseorang bertemu langsung secata tatap muka.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Kamu ketahui jika ingin melakukan kencan secara online. Ayo, kira-kira Kamu sudah siap belum nih, Gengs?

Baca juga: 5 Ide Kencan Virtual Selama Pyhsical Distancing

Sumber:

Psychology Today. “The Ugly Truth About Online Dating“.

Comment