Ada Pandemi Covid-19, Kompetisi Sains Nasional Digelar Secara Online

KalbarOnline.com – Pemerintah tidak hanya mengubah sebutan Olimpiade Sains Nasional (OSN) menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN). Di tengah pandemi Covid-19 ini, pemerintah juga memutuskan KSN 2020 tidak bisa digelar secara tatap muka. Kegiatan bergengsi tahunan ini terpaksa digelar secara online.

Perkembangan penyelenggaraan KSN 2020 itu disampaikan EduOS Olympiad Online Training (EduOS OOT) Eduversal Surya Saputra. Ditemui di markas Eduversal di kawasan Tangerang Selatan Senin (10/8), Surya menjelaskan pemerintah sudah memutuskan bahwa KSN tahun ini dilaksanakan secara online. Sehingga nanti peserta mengerjakan soal secara online. ’’Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,’’ katanya.

Surya menceritakan tahun-tahun sebelumnya OSN atau sekarang namanya berganti KSN digelar untuk jenjang SMP dan SMA sederajat. Khusus untuk tahun ini pelaksanaan KSN hanya dibuka untuk SMA saja. Alasannya ketika akan digelar pejaringan KSN jenjang SMP untuk tingkat kabupaten dan kota sudah terjadi pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Buruknya Hubungan AS dan Tiongkok Hambat Penanganan Pandemi Covid-19

Baca juga: Kompetisi Sains Madrasah 2019, Padukan Sains dengan Keislaman

Sehingga saat ini yang berlangsung dalam gelaran KSN 2020 hanya untuk jenjang SMA saja. ’’Penjaringan untuk tingkat kabupaten atau kota digelar sebelum pandemi terjadi,’’ jelasnya. Kemudian untuk pelaksanaan KSN 2020 level SMA tingkat provinsi dilaksanakan pada 10-14 Agustus. Dia menjelaskan dari seluruh mitra lembaga pendidikan Eduversal, ada sekitar 70 siswa lolos ke jenjang provinsi.

Surya mengatakan, pemerintah sudah menetapkan KSN 2020 jenjang nasional digelar September mendatang. ’’Tetapi tanggalnya belum ditetapkan,’’ jelasnya. Dia mengatakan kondisi mengerjakan soal secara offline dengan online tentu beda. Untuk itu dia meminta para siswa supaya bersiap sejak dini.

Diantaranya adalah adanya ketentuan untuk beberapa lomba mata pelajaran tertentu, peserta tidak bisa mengerjakan soal yang sudah dilewati. Jadi soal harus dikerjakan secara berurutan. Ketentuan ini khususnya untuk mata pelajaran eksakta seperti matematika.

Baca Juga :  Positif Covid-19 Tambah 6.089, Jabar Paling Banyak Susul DKI Jakarta

Selain itu Surya menjelaskan Eduversal juga mulai membuka program persiapan KSN 2021. Menurut dia persiapan sedini mungkin perlu dilakukan supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Program persiapan menghadapi KSN 2021 itu bertajuk EduOS Olympiad Online Training (EduOS OOT). Pendaftaran program ini dimulai pada 20 Juli sampai 12 Agustus. Kemudian pelaksanaannya dimulai pada 15 agustus sampai 28 November.

’’Sebanyak 18 kali pertemuan dengan satu sampai dua sesi per pekan,’’ jelasnya. Tutor yang dipersiapkan dalam kegiatan EduOS OOT berasal dari peraih medali olimpiade sains dalam maupun luar negeri. Pelaksanaan pelatihan persiapan KSN 2021 digelar secara online melalui platform Zoom dan Google Classroom. ’’Kegiatan ini jadi pilihan siswa mengasah kemampuan di bidang ilmu dan sains,’’ pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment