Ponsel Flagship Samsung Dijanjikan Dapat 3 Kali Pembaruan OS Android

KalbarOnline.com – Samsung baru saja menyelesaikan acara Galaxy Unpacked keduanya tahun ini. Melalui acara tersebut, perusahaan teknologi Korea itu meluncurkan 5 perangkat yakni Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra, Galaxy Tab S7 dan Tab S7 Plus, Galaxy Z Fold 2, Galaxy Buds Live , dan Galaxy Watch 3.

Selain kehadiran perangkat baru, salah satu pengumuman paling menarik datang di akhir acara ketika Samsung mengatakan bahwa mereka berkomitmen untuk memberikan pembaruan OS hingga 3 generasi sejak perangkat itu dirilis. Itu berarti bahwa Samsung akhirnya akan menawarkan tingkat dukungan perangkat lunak yang sama seperti Google menawarkan untuk ponsel Pixel-nya.

Galaxy Note 20, Galaxy Tab S7, dan Galaxy Z Fold 2 semuanya akan dikirimkan dengan perangkat lunak Samsung One UI 2.5 berbasis Android 10. Sebelum pengumuman hari ini, Samsung diharapkan meningkatkan masing-masing perangkat ini ke Android 11 dan kemudian Android 12.

Sekarang, kita dapat mengharapkan Samsung untuk menyediakan pembaruan hingga Android 13. Samsung sendiri tidak secara eksplisit menyebutkan perangkat mana yang diberlakukan kebijakan ini. Tetapi kita dapat berasumsi bahwa itu berarti semua perangkat Android seluler baru yang mereka umumkan belum lama ini.

Baca Juga :  Jaringan XL Axiata Siap Hadapi Libur Panjang Nataru

Bahkan, dalam presentasinya, Samsung kedapatan memamerkan bahwa kebijakan ini berlaku untuk model flagship mulai dari Galaxy S10 dan seterusnya. Jadi, itu berarti akan diterapkan pada seri Galaxy S10, seri Galaxy Note 10, seri Galaxy S20, seri Galaxy S20 Galaxy Z Flip 5G baru, dan kemungkinan juga Galaxy Z Flip dan Galaxy Fold generasi pertama.

Sementara mengutip laman The Verge, Samsung menyebut bahwa kebijakan tersebut berlaku untuk line-up model Galaxy S, Note, dan Z. Sementara perangkat seri A hanya akan menerima dukungan ‘hingga perangkat keras mengizinkan’.

Kemungkinan itu berarti mereka tidak akan memberikan dukungan melebihi apa yang ditawarkan Qualcomm untuk BSP-nya, setidaknya pada perangkat seri A dengan chipset Snapdragon. Samsung menggunakan kata “generasi” dari pada “tahun” karena yang pertama menghilangkan ambiguitas.

Rilis Android sendiri tidak terjadi pada waktu yang sama setiap tahun, dan Samsung tidak ingin pelanggan bingung apakah perangkat mereka bisa mendapatkannya secara spesifikasi atau tidak terkait pembaruan tertentu.

Baca Juga :  Review Honor Magic Watch 2 : Smartwatch Tangguh Standar Militer Desain Millenial

Jika Samsung memilih untuk mengatakan “tahun,” maka beberapa pengguna mungkin merasa tertipu membeli perangkat yang baru saja dirilis sebelum pembaruan Android besar berikutnya.

Google sendiri diharapkan untuk merilis versi stabil Android 11 untuk smartphone Pixel pada 8 September. Tetapi, tidak diketahui persis kapan Samsung akan merilis versi Android 11.

Samsung membuat banyak perubahan UI dan menambahkan banyak fitur di atas rilis Android Google. Jadi, mereka diharapkan untuk meluangkan waktu untuk menyiapkan versi One UI berikutnya.

Setidaknya untuk pembaruan keamanan, Samsung telah menjadi perusahaan yang cukup cepat dalam memberikan Tingkat Patch Keamanan terbaru untuk smartphone andalan dan kelas menengah terbaru mereka. Hal ini bukan tanpa alasan, keputusan ini karena mereka sekarang menonjol di antara pembuat perangkat Android untuk tingkat dukungan perangkat lunak.

Comment