5 Tanaman Herbal Murah yang Bisa Ditanam di Rumah

Menanam tanaman herbal di rumah menjadi salah satu cara terbaik untuk menghilangkan penat dan kebosanan di tengah pandemi COVID-19. Ada beberapa alasan kenapa Kamu harus menanam tanaman herbal, di antaranya tidak membutuhkan banyak ruang, ideal untuk pemula, dan bisa menghemat uang karena harga bibit tanaman yang murah meriah.

Agar tanaman herbal tumbuh dengan baik, Kamu hanya butuh sinar matahari, penyiraman yang teratur dan juga drainase yang baik. Jangan lupa untuk memanen (memotong herbal) agar tanaman tersebut tetap rapi dan mendorong pertumbuhan baru. Apalagi, Kamu dapat menggunakan tanaman herbal tersebut sebagai campuran makanan dan juga pengobatan.

Baca juga: Tanaman Herbal Pengusir Kembung dan Mual

Tanaman Herbal Murah yang Bisa Ditanam di Rumah

Akhir-akhir ini, banyak wanita menggemari tanaman. Pengaruh pandemi yang mengharuskan mereka di rumah saja membuat aktivitas berkebun ini semakin digemari. Beberapa jenis tanaman hias pun kembali menjadi trend. Sebut saja aglonema, lidah mertua, hingga monstera.

Nah, kalau Kamu tertarik memperindah kebun mungil di rumah, kenapa tidak menanam tanaman herbal murah ini?

1. Mint

Tanaman herbal yang mudah ditanam. Hanya membutuhkan sedikit air dan cocok ditaruh di area yang terkena sinar matahari atau tempat teduh. Paling cocok ditanam dalam wadah. Namun, hindari penggunaan pot plastik kecil karena akan membuat akar terikat dengan cepat.

Baca Juga :  Terlalu Sering Mencuci Tangan Bikin Kulit Kering? Begini Cara Mencegahnya!

Memiliki rasa dan bau yang menyegarkan, mint memiliki banyak manfaat, di antaranya menenangkan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur. Di marketplace, bibit tanaman mint dijual sekitar Rp5.000 hingga Rp40.000, tergantung ukurannya.

Baca juga: Cari Tahu Manfaat Daun Mint untuk Diet!

2. Kemangi

Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dari biji ketika ditanam di bawah sinar matahari. Tanaman kemangi lebih suka tanah lembap dan memiliki drainase yang baik. Untuk mendorong pertumbuhan baru, Kamu harus sering memangkas daunnya.

Well, gunakan daun kemangi untuk masakan yang Kamu buat. Kemangi memiliki sifat anti bakteri, anti inflamasi, dan bisa melawan berbagai penyakit. Selain itu, mengandung vitamin A, mangan, dan magnesium yang baik untuk kesehatan. Dengan uang Rp2.000 hingga Rp50.000, Kamu bisa mendapatkan bibit kemangi untuk kemudian ditanam di rumah.

3. Serai

Tanaman tropis yang dikenal karena rasanya ini dapat tumbuh subur di area yang mendapatkan sinar matahari penuh. Jadi, ketika Kamu menanam serai di dalam ruangan, letakkan di jendela yang memungkinkan tanaman ini menerima sinar matahari sekitar 6 hingga 8 jam sehari. Jika perlu, buatlah pencahayaan dari lampu di dalam ruangan.

Serai mengandung zat yang dianggap bisa meredakan rasa sakit dan bengkak, mengurangi demam, meningkatkan kadar gula dan kolesterol dalam darah, merangsang rahim dan aliran menstruasi, serta memiliki sifat antioksidan. Cukup merogoh kocek antara Rp5.000 hingga Rp30.000, Kamu bisa membeli bibit serai di marketplace.

Baca juga: Bersihkan Udara secara Alami dengan Tanaman Ini, Yuk!

4. Ketumbar

Baca Juga :  Status COVID-19 Makin Gawat, Sebaiknya Tunda Dulu ke Dokter Kandungan

Daun ketumbar biasa digunakan di hidangan Asia, Amerika Selatan, dan Meksiko. Untuk mendapatkan tanaman terbaik, jangan transplantasi tanaman ketumbar dari luar ruangan ke dalam wadah untuk kemudian dibawa ke dalam ruangan.

Jika Kamu ingin menanam ketumbar di dalam ruangan, mulailah dari bijinya atau bibit tanaman. Jangan lupa untuk selalu menyiram tanaman ini dan biarkan mengering sebelum disiram lagi. Di marketplace, bibit daun ketumbar termurah seharga Rp2.000 dan termahal Rp65.000.

5. Thyme

Biasanya, daun thyme digunakan dalam hidangan daging, sup, dan semur. Tanam thyme dalam pot tanah liat agar tanah mengering dengan cepat di sela-sela penyiraman. Itu karena, tanaman ini tidak menyukai akar yang basah.

Pangkas batang kayu dan potong ujung tanaman secara teratur untuk mendorong pertumbuhan baru dan tanaman tumbuh dengan lebat. Thyme lebih suka ditanam dalam posisi terlindung di bawah sinar matahari penuh. Harga benih tanaman thyme antara Rp5.000 hingga Rp80.000 di toko online.

Baca juga: Bungur, Tanaman Peneduh Jalan yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Referensi:

Eco Outdoor. Top 8 Must-Have Herbs To Grow At Home

Herbs at Home. The 12 Easiest herbs to grow for the first time

WebMD. Lemongrass

Comment