by

Kejutan, Pembalap Jepang Puncaki Sesi Latihan Bebas Pertama

KalbarOnline.com – Pembalap tim LCR Honda Takaaki Nakagami mencatatkan waktu tercepat dalam sesi latihan bebas pertama (FP1) Grand Prix Ceko di Sirkuit Brno, Jumat (7/8).

Pembalap asal Jepang tersebut mengukir 1 menit dan 57,353 detik untuk menjadi yang terbaik di trek sepanjang 5,403 km itu.

Dilansir dari situs MotoGP, Nakagami mengungguli pembalap tim Suzuki Ecstar Joan Mir yang terpaut 0,011 detik. Sementara rekan setimnya, Cal Crutchlow, menembus 10 besar FP1 usai Brad Binder dari Red Bull KTM Tech3, kehilangan lap terbaik.

Pengawas lomba mendiskualifikasi catatan terbaik Binder karena dia menyentuh cat hijau atau zona terlarang untuk dilewati. Sesi latihan bebas pertama itu banyak menghadirkan kejutan.

Misalnya dari pembalap asal Spanyol, Pol Espargaro. Dia memuncaki hampir di sepanjang sesi latihan. Tapi, time attack rider lain, akhirnya menggeser pembalap KTM Factory Racing itu ke peringkat tiga. Namun marginnya sangat tipis, yakni 0,039 detik.

Namun, para pembalap Yamaha harus berjuang keras untuk tampil cepat di sirkuit Brno.

Pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo yang kembali difavoritkan memenangi MotoGP Ceko justru gagal masuk 10 besar pembalap tercepat FP1. Pembalap Petronas Yamaha SRT itu hanya menempati posisi ke-13 dan tertinggal 0,467 detik dari Nakagami.

Sementara pembalap Yamaha Maverick Vinales sempat terjatuh di awal sesi di tikungan 13. Namun, Vinales mampu bangkit dan setelah melakukan pengecekan terhadap motornya di garasi. Dia lantas kembali ke trek untuk mencatatkan waktu terbaiknya dan berada di P4. Vinales berselisih 0,212 detik dari pemuncak sesi.

Rekan Vinales, Valentino Rossi berada di posisi kedelapan. Lalu, pembalap Petronas Yamaha SRT lainnya Franco Morbidelli ada di posisi kesembilan.

Comment

News Feed