by

Greg Joswiak, Kepala Marketing Apple Yang Baru

Ada perubahan di jajaran top level manajemen Apple. Greg Joswiak, yang semula menjabat Kepala Marketing Produk, naik jabatan menjadi Kepala Divisi Marketing secara keseluruhan. Dia menggantikan Phil Schiller, yang sudah puluhan tahun di posisi itu. Phil selanjutnya diserahi tugas mengurusi Apple Store dan Apple Event.

Greg bukan orang baru. Dia sudah 20 tahun lebih bergabung dengan Apple, dan memegang beragam posisi manajerial. Empat tahun terakhir, Greg mengepalai marketing produk. Dengan jabatan barunya itu, Greg akan memainkan peran yang lebih besar bagi Apple. Sebab, bidang marketing di perusahaan ini tak sekadar memasarkan produk.

Divisi marketing bertangggung jawab untuk menangani manajemen produk Apple dan pemasaran produk, menangani hubungan dengan para developer, riset pasar, manajemen bisnis, seraya menjalankan fungsi edukasi, enterprise dan pemasaran internasional juga.

Adapun Phil, sudah bergabung dengan Apple sejak 1997 silam, tatkala Apple masih berupa perusahaan kelas teri. Dia menangani marketing Apple, dan sukses membawa Apple menjadi raksasa teknolog dunia. Phil juga dikenal dengan keterlibatannya dengan hardware Apple, dan sering menjadi presenter untuk mengenalkan produk baru.

Tapi belakangan, kiprah Phil yang terlalu ekspansif menuai kritikan. Kalangan developer sudah lama mengeluhkan bahwa Apple kerap mengabaikan kalangan professional pada lini produknya. Yang terbaru, perusahaan sering membuat aturan membingungkan untuk Apple Store, yang mengundang kritikan secara luas.

Dalam keterangan resminya, Apple menyebut status Phil sekarang adalah “Apple Fellow”. Dengan status itu, demikian menurut keterangan pers dari Apple, Phil akan menjadi partner yang tangguh dan memberikan bimbingannya. Namun Phil sendiri menanggapinya dengan mengatakan, sudah saatnya bagi dia untuk mengubah beberapa rencana hidupnya. Seperti, menghabiskan waktu untuk keluarga dan teman, serta menangani proyek pribadi. Meskipun begitu, Phil berjanji akan tetap berada di Apple. “Saya akan tetap bekerja di sini (Apple), sepanjang mereka membutuhkan saya,” katanya seperti dikutip The Verge.

Setahun belakangan ini, Apple memang diwarnai pergantian jajaran top level manajemen. Pada November tahun lalu, kepala desain Apple, Jony Ive, mundur dari Apple. Pada September 2019, Kepala PR Apple, Steve Dowling juga mengundurkan diri. Sebelumnya, di bulan April 2019, Angela Ahrendts, mantan CEO Burberry, meninggalkan posisinya sebagai sebagai Chief Ritel Apple.

The post Greg Joswiak, Kepala Marketing Apple Yang Baru appeared first on KalbarOnline.com.

Comment

News Feed