Desa Setuntung Deklarasi ODF dan Stop BABS

Desa Setuntung Deklarasi ODF dan Stop BABS

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus resmi mendeklarasikan Desa Setuntung, Kecamatan Belitang sebagai desa ODF (Open Defecation Free) / stop buang air besar sembarangan (BABS), Selasa (4/8/2020).

Kegiatan deklarasi ini turut dihadiri oleh Wabup Sekadau, Aloysius, Plt. Kepala Dinkes Sekadau, Henry Alpius, para pejabat SKPD Kabupaten Sekadau, Camat Hermansyah, Kapolsek Belitang, IPTU Suritno, Kepala Puskesmas Belitang, dr. Christian, Kades se-Kecamatan Belitang, toga, tomas, todat dan elemen masyarakat Belitang.

Dalam kesempatan tersebut Kades Setuntung, Saleh mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan dan menyampaikan sambutan bahwa desa Setuntung siap menjadi desa ODF / stop BABS.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim dan panitia sehingga pelaksanaan kegiatan stop BABS hari ini berjalan lancar di desa Setuntung serta siap melanjutkan 5 pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) cuci tangan pakai sabun.

Baca Juga :  KPU Sekadau Gelar Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Pemilu 2019 Tingkat Kabupaten

Sementara Camat Belitang, Hermansyah dengan menyampaikan bahwa pelaksanaan deklarasi ODF / stop BABS desa Setuntung merupakan desa ketiga yang mewakili Kecamatan Belitang karena sebelumnya Desa Menua Prama dan Maboh Permai sudah terlebih dahulu.

Senada dengan Camat, Plt. Kadis Kesehatan, Henry Alpius menjelaskan ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan yakni dari lingkungan, perilaku, pelayanan kesehatan, keturunan karena desa Setuntung sudah bisa membuktikan sebagai desa dengan skala bebas buang air besar sembarangan (BABS).

Dalam kesempatan ini Bupati Rupinus membuka secara simbolis kegiatan deklarasi ODF desa Setuntung serta memberikan apresiasi kepada masyarakat yang tidak memiliki jamban dan sudah memiliki wc pribadi di setiap rumah.

Baca Juga :  Pembangunan SMA Mangkrak, Warga Sekadau Mengadu ke DPRD Kalbar

Bupati mengucapkan terima kasih kepada panitia dan kerjasama yang baik antara instansi pemerintah maupun TNI, Polri sehingga kegiatan ODF berlangsung aman dan lancar serta masyarakat yang hadir juga menerapkan protokol kesehatan.

Selanjutnya Kapolsek Belitang IPTU Suritno dalam hal ini mendukung penuh pelaksanaan ODF dan Stop BABS di desa Setuntung serta berharap masyarakat dapat menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas setiap hari untuk mencegah Covid-19.

Personel Polsek juga disiagakan selama pelaksanaan kegiatan guna memberikan rasa aman, nyaman dan lancar selama pelaksanaan kegiatan deklarasi ODF dan peresmian dusun Sempetang desa Setuntung.

Untuk menutup rangkaian kegiatan dilakukan penandatangan prasasti oleh Bupati Sekadau serta penyerahan piagam stop BABS untuk desa Setuntung. (Mus)

Comment