by

Cedera Bikin Marquez Terpaksa Mundur, Penggantinya Mantan Juara Moto2

KalbarOnline.com – Keinginan Marc Marquez (dan fansnya) untuk come back di GP Ceko tidak bisa terlaksana. Juara bertahan MotoGP itu harus naik meja operasi untuk kali kedua dalam 13 hari terakhir.

Marquez menjalani operasi pergantian pelat titanium yang rusak akibat latihan keras yang dijalani setelah operasi pertama.

Spesialis traumatologi MotoGP dr Xavier Mir dan timnya kembali menangani operasi tersebut di Rumah Sakit Universitas Dexeus, Barcelona, Senin waktu setempat.

Marquez harus bertahan di RS Dexues selama 48 jam berikutnya. ’’Marc tidak merasakan sakit selama periode ini. Dia selalu mengikuti saran medis yang diberikan,’’ kata Mir sebagaimana dilansir situs resmi MotoGP.

Marquez mengalami patah tulang humerus dalam seri pembuka musim, GP Spanyol, di Sirkuit Jerez dua pekan lalu (19/7). Dia langsung dioperasi pada Selasa (21/7).

Selepas operasi, dia membuktikan daya juang seorang juara. Rider 27 tahun itu bersungguh-sungguh untuk bisa segera kembali membalap, yang terlihat jelas lewat unggahan di akun Instagram-nya.

Dia menjalani berbagai kegiatan pemulihan. Mulai fisioterapi, latihan beban, hingga push-up pekan lalu.

’’Sayang, tekanan berlebihan terhadap lengannya mengakibatkan masalah ini muncul,’’ jelas Mir.

Honda mengambil langkah strategis. Mereka tidak mau berspekulasi atas kondisi Marquez. Tim juara dunia itu menunjuk Stefan Bradl sebagai pengganti Marquez di Sirkuit Brno akhir pekan ini.

Bradl yang merupakan pembalap uji HRC mengaku tertantang untuk bisa berbuat banyak pada kesempatan kali ini.

’’Aku menantikan bisa kembali mengendarai RC213V. Karena pandemi global ini, kami belum melakukan tes seperti biasanya,’’ ujar pembalap 30 tahun tersebut.

Rider asal Jerman itu beberapa kali mengaspal dengan motor spesifikasi superbike. Dia mengatakan bahwa level kebugarannya masih kompetitif untuk bisa bersaing di kelas premier.

Tahun lalu Bradl sempat terjun di empat balapan MotoGP. Sekali sebagai peraih wild card dan tiga kali sebagai pengganti Jorge Lorenzo yang cedera. Salah satunya di GP Ceko juga. Capaiannya lumayan. Juara Moto2 2011 itu selalu memperoleh poin. Capaian terbaiknya adalah finis di posisi ke-10 dua kali.

Sementara itu, Alex Marquez kembali menghadapi ujian besar pada musim rookie-nya. Dari dua balapan di Sirkuit Jerez sebelumnya, Alex berhasil mengumpulkan 12 poin hasil finis ke-12 dan ke-8.

Sirkuit Brno akan menjadi venue kelima yang dia coba dengan motor MotoGP.

Dia pernah punya kenangan manis di sirkuit tersebut. Tercatat delapan musim beruntun dia singgah ke sana saat masih membalap di kelas Moto2 dan Moto3, dua di antaranya merasakan podium. Termasuk satu kemenangan pada musim lalu.

Comment

News Feed