Sekda Yosepha Buka Seleksi Penerimaan Mahasiswa Prodi Kedokteran Untan Jalur Beasiswa Pemkab Sintang

Sekda Yosepha Buka Seleksi Penerimaan Mahasiswa Prodi Kedokteran Untan Jalur Beasiswa Pemkab Sintang

KalbarOnline, Sintang – Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah mewakili Bupati Sintang membuka kegiatan seleksi penerimaan mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Tanjungpura jalur beasiswa Pemerintah Kabupaten Sintang tahun 2020, yang ditandai dengan pengalungan tanda pengenal kepada calon mahasiswa, yang dilaksanakan di Pendopo Bupati Sintang, Senin (3/8/2020).

Dalam sambutan Bupati Sintang yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah mengatakan bahwa pelayanan kesehatan di Kabupaten Sintang masih menjadi tantangan yang dihadapi oleh Pemkab Sintang.

“Perlu diketahui status kesehatan masyarakat kita masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan, apalagi ditambah dengan perkembangan berbagai penyakit terus berkembang di tengah masyarakat, pola hidup sehat juga masih belum optimal diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Yosepha.

Menurut Yosepha, dengan visi Pemkab Sintang dalam rangka mewujudkan Masyarakat Sintang yang sehat maka visi tersebut menjadi agenda prioritas Pemkab Sintang hingga tahun 2021.

“Di antaranya ialah faktor yang strategis mampu meningkatkan kinerja pelayanan kesehatan yang prima dibidang kesehatan adalah keberadaan tenaga dokter yang dilihat dari sisi kuantitas dan kualitasnya sesuai dengan kebutuhan pelayanan kesehatan yang mengacu pada Visi Pemkab Sintang,” tambahnya.

Masih kata Sekda, bahwa keberadaan dokter merupakan salah satu mengoptimalkan akses dan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Peran dokter sangat penting sebagai pelopor dalam upaya pencegahan dan penanganan penyakit, apalagi di tengah keberadaan penyebaran virus corona ini,” sambungnya.

Baca Juga :  Bupati Resmikan Gedung Gereja GMII Jemaat ‘Hebron’ Sintang

Sekda menambahkan, bahwa hingga saat ini sudah ada anak Sintang yang sudah berhasil kuliah di Kedokteran Untan dan bahkan sudah ada yang jadi dokter.

“Pemkab Sintang ini telah menjalin kerjasama dengan Universitas Tanjungpura Pontianak sejak 2005 agar dapat mencetak para dokter yang siap mengabdi untuk membangun kesehatan di Sintang, sampai saat ini sudah ada 39 anak yang sudah kuliah di Fakultas Kedokteran Untan, dan sudah ada beberapa dokter yang berhasil menjadi dokter dan sudah bertugas di beberapa unit pelayanan kesehatan di Sintang,” tukasnya.

“Pemkab Sintang memberikan beasiswa melalui seleksi secara terbuka dan kompetitif itu karena minat untuk menjadi dokter di masyarakat masih sangat tinggi, ditambah lagi jatah dan kuota masuk kedokteran sangat terbatas, itulah alasan membuka beasiswa kedokteran untuk anak-anak Sintang,” timpal Yosepha.

Sekda Sintang berpesan kepada seluruh peserta calon mahasiswa beasiswa Kedokteran Untan untuk dapat melaksanakan ujian tertulis menjawab dengan teliti.

“Untuk adik-adik, fokuslah, teliti dan tenang dalam menjawab soal soal yang ada, lakukan usaha yang keras, kemudian untuk tim seleksi, bekerjalah secara cermat, profesional dan akuntabel agar hasil seleksinya benar benar mencerminkn tingkat kompetensi dan derajat persaingan yang berkualitas,” pesan Sekda Sintang.

Sementara Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Prodi Kedokteran Untan Pontianak, yang juga selaku Asisten 1 bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Sy. Yasser Arafat menjelaskan mekanisme dalam penerimaan siswa dan siswi untuk masuk dalam beasiswa kedokteran Untan.

Baca Juga :  Ombudsman RI Lakukan Pertemuan Dengan Bupati Sintang, Ini Yang Dibahas

“Pertama seleksi berkas dan raport sekolah sudah dilakukan awal maret, kedua seleksi akademik ujian tulis, materi ujian tulis meliputi mata pelajaran fisika, kimia, biologi, bahasa inggris, kemudian akan dicari 10 orang putra-putri dengan nilai terbaik,” jelas Yasser Arafat.

Yasser Arafat menjelaskan, dalam seleksi sebelum seleksi tes tertulis sudah ada tahapan yang dilalui dan hasilnya ada 4 orang yang tidak lulus.

“Jumlah siswa yang mengirim berkas sebanyak 82 orang, setelah dilakukan verifikasi dan seleksi administrasi oleh panitia tingkat kabupaten terhadap berkas calon peserta pada 22 Maret 2020, terdapat 4 orang yang tidak lulus,” jelasnya.

Yasser juga menyampaikan jumlah peserta yang mengikuti seleksi tahap 1 penerimaan mahasiswa Prodi Kedokteran Untan jalur beasiswa Pemkab Sintang.

“Totalnya itu ada sebanyak 78 orang, yang berasal dari, SMAN 1 Sintang sebanyak 14 orang, SMAN 2 Sintang sebanyak lima orang, SMAN 3 Sintang sebanyak 11 orang, SMAN 1 Sepauk sebanyak lima orang, SMAN 1 Kelam Permai sebanyak lima orang, SMAN 1 Dedai sebanyak tiga orang, SMAN 1 Kayan Hulu sebanyak tiga orang, SMAN 1 Ketungau Tengah sebanyak 10 orang, SMAN 1 Serawai sebanyak lima orang, SMA Panca Setya Sintang sebanyak lima orang, MAN Sintang sebanyak lima orang, MA Al-Maarif sebanyak lima orang, SMA Muhammadiyah Sintang sebanyak dua orang, nantinya setelah semua rangkaian seleksi diikuti, maka tiga mahasiswa terbaik akan dikirim untuk mengikuti pendidikan menjadi dokter dan kedepannya siap mengabdi di Kabupaten Sintang,” tukasnya. (Fai)

Comment