Selama Enam Tahun dan 11 Laga Beruntun, Lakers Selalu Kalah vs Raptors

KalbarOnline.com – Kedigdayaan Los Angeles Lakers (yang mengalahkan LA Clippers pada laga pertama NBA Restart Jumat lalu) seperti tidak ada apa-apanya di hadapan Toronto Raptors.

Untuk kali ke-11 beruntun, tim yang identik dengan jersey ungu emas itu takluk di tangan Raptors. Sabtu malam (kemarin WIB) LeBron James dkk dihajar 92-107 oleh tim asal Kanada tersebut.

Itu berarti, hampir enam tahun mereka tak pernah menang atas Raptors. Kali terakhir Lakers menang adalah pada 30 November 2014 di Staples Center, Los Angeles. Itu pun lewat overtime.

Kemarin dua mesin poin Lakers, LeBron dan Anthony Davis, macet di tangan tim dengan defense terbaik nomor dua tersebut. Game plan dari Head Coach Raptors Nick Nurse sangat jelas. Matikan Davis, dan biarkan para pemain bench Lakers yang bekerja. Rencana itu dieksekusi dengan baik oleh Pascal Siakam dkk. Tak jarang Davis dikawal tiga pemain.

Rapatnya defense Raptors membuat pergerakan Davis –dan LeBron– terkunci total. Davis, yang saat melawan Clippers perkasa mencetak 33 poin, kemarin hanya bisa membukukan 14 angka. Field goal dia hanya 2 dari 7 tembakan. Capaian LeBron sedikit lebih baik. Dia membukukan 20 poin dan 10 rebounds.

Baca Juga :  Saat Juara Bertahan Begitu Susah Payah Mengalahkan Tim Juru Kunci

Tapi, Lakers mencetak rekor field goal terendah musim ini. Hanya 35,4 persen!

’’Menurutku, ini sudah yang terbaik yang bisa kami lakukan,’’ kata LeBron sebagaimana dilansir ESPN. ’’Kami mengeksekusi skema offense dengan sangat baik, dan itulah yang kami lakukan. Kami mengejar poin dari 10 ke 40 dari tembakan tiga angka. Kami hanya perlu meningkatkan permainan dan menghajar mereka,’’ papar dia.

Lakers, setidaknya, bisa memetik sisi positif dari game kemarin. Yakni, fakta bahwa barisan bench mereka sangat oke. Para pemain bench menyumbangkan 49 poin. Dari angka itu, 39 di antaranya adalah sumbangan trio Kyle Kuzma, Dion Waiters, dan Alex Caruso.

Ketiganya juga yang membawa Lakers leading hingga half time.

Raptors mulai menggila dan menguasai pertandingan saat laga tersisa tujuh menit. Itu setelah Head Coach Lakers Frank Vogel mengistirahatkan LeBron yang sudah turun 35 menit. Sejak itu, perolehan poin Raptors langsung melejit meninggalkan Lakers sampai 10-0.

Buruknya kinerja Lakers juga bisa dibaca dari statistik. Selain field goal sangat rendah, mereka kalah dalam total rebounds. Angkanya 44 berbanding 51.

Baca Juga :  Gantikan Pemain No 4 Indonesia, Tunggal No 261 Dunia Masuk Skuad Uber

Penampilan buruk Lakers makin komplet dengan catatan 17 turnover. LeBron tampak benar-benar kecewa akan hasil ini. Itu dia perlihatkan dengan langsung nyelonong meninggalkan lapangan sendirian sebelum buzzer pertandingan berbunyi.

’’Mereka (pemain Raptors, Red) terus melakukan double team kepada Anthony dan LeBron di area post,’’ cerita Kuzma. ’’Itu membuat beberapa pemain kami dalam posisi terbuka untuk menembak. Sayangnya, eksekusi kami sangat buruk,’’ lanjut dia.

Di kubu Raptors, Kyle Lowry menjadi bintang utama dengan donasi 33 poin dan 14 rebounds. Jumlah rebounds itu merupakan yang tertinggi sepanjang karir pemain 34 tahun tersebut.

Sementara itu, forward muda OG Anunoby menambahi dengan 23 angka.

’’Kyle tampil sebagaimana Kyle biasa tampil malam ini,’’ puji Nurse. ’’Dia mencetak skor, beterbangan ke sana kemari mengambil setiap kesempatan. Dia kompetitif, dan menyelamatkan kami di saat-saat kritis. Dia hebat,’’ tambah sang pelatih.

Lakers selanjutnya akan melawan Utah Jazz pada Selasa WIB.

Hasil lain Kemarin (2/8)
Heat vs Nuggets 125-105
Jazz vs Thunder 94-110
Pelicans vs Clippers 103-126
Sixers vs Pacers 121-127

Comment