Selain Perselingkuhan, 9 Hal Ini Juga Bisa Merusak Hubunganmu!

Setiap hubungan yang berjalan dengan baik selalu didasari dengan kepercayaan, saling pengertian, kesetiaan, dan juga cinta. Jika salah satu dari elemen ini tidak lagi ada, maka sangat berisiko merusak hubungan.

Nah, jika selama ini Kamu hanya percaya bahwa perselingkuhan lah yang bisa merusak sebuah hubungan, ternyata masih ada lho beberapa hal lain yang seringkali tidak disadari tapi memiliki dampak yang berbahaya bagi hubungan. Wah, kira-kira apa sajakah itu? Yuk, cari tahu dalam penjelasannya berikut ini!

Baca juga: Kuis: Cek Pengetahuan Kamu Seputar Perselingkuhan!

Hal-hal yang Lebih Buruk Daripada Perselingkuhan dalam Hubungan

Perselingkuhan memang rasanya begitu menyakitkan. Namun, pernahkah Kamu menyadari bahwa beberapa hal berikut ini yang seringkali dilakukan tanpa disadari, bisa juga memiliki dampak yang bahkan lebih buruk pada hubunganmu daripada perselingkuhan?

1. Berbohong pada pasangan

Berbohong atau menyembunyikan sesuatu dari pasangan adalah cara paling ampuh untuk merusak suatu hubungan. Bahkan, jika Kamu berdalih berbohong untuk kebaikan pasangan, itu akan memiliki efek yang sama saja. Menyembunyikan hal sekecil apapun dari pasangan jika dibiarkan lama-kelamaan bisa tumbuh menjadi masalah besar dan menyebabkan timbulnya masalah kepercayaan satu sama lain.

2. Tidak memperhatikan pasangan

Hampir setiap orang ingin selalu diperhatikan oleh orang yang dicintainya. Oleh karena itu, jika Kamu tidak lagi perhatian dengan pasangan, atau pun sebaliknya, maka berhati-hatilah karena ini bisa merusak hubunganmu.

3. Kebencian

Apakah Kamu sulit mempercayai pasanganmu? Atau Kamu merasa sulit mengungkapkan perasaanmu padanya? Jika hal ini sering terjadi, maka bisa jadi ada rasa kekesalan dalam hatimu padanya.

Baca Juga :  10 Penyebab Pusing Setelah Berhubungan Seks

Kekesalan dan kebencian bisa muncul dengan mudah dalam suatu hubungan dan mungkin merusaknya, bahkan ketika Kamu tidak menyadarinya. Maka itu, sangat penting untuk segera mengatasinya di tahap awal dan mencari solusi untuk hubungan yang lebih baik.

4. Bertindak seakan merendahkan satu sama lain

Merendahkan pasangan atau membicarakan hal-hal buruk tentang pasangan pada orang lain adalah hal yang harus dihindari jika Kamu menginginkan hubungan yang sehat dan bertahan lama.

Kebiasaan merendahkan pasangan tidak hanya berdampak pada hubungan, tetapi juga bisa merusak harga diri pasangan.

Baca juga: Bahasa Cinta Tidak Dikomunikasikan, Pernikahan Rawan Perselingkuhan

5. Hanya fokus pada keintiman fisik

Keintiman fisik memang penting dalam suatu hubungan. Tetapi, keintiman emosional, intelektual, dan spiritual juga tidak kalah penting. Kamu mungkin adalah pasangan yang sangat loyal dalam suatu hubungan, tapi jika Kamu tidak mampu berbagi keintiman lainnya dengan pasangan, maka jangan kaget jika suatu hari hubunganmu akan menjadi tidak nyaman.

6. Tetap bersama hanya karena tergantung pada pasangan

Bagi seseorang yang telah menjalani hubungan dalam waktu lama, menjalani hidup sendiri lagi tanpa pasangan mungkin akan menjadi sesuatu yang sangat menakutkan. Namun, jangan jadikan hal ini satu-satunya alasan agar Kamu tetap bertahan dalam suatu hubungan.

Selain merusak hubungan, ketergantungan juga tidak akan baik bagi dirimu atau pasangan.

7. Kurang komunikasi

Kurangnya komunikasi hingga Kamu dan pasangan tidak lagi berbagi cerita adalah perusak hubungan yang seringkali tidak disadari. Ini terjadi sangat perlahan, namun dampaknya begitu buruk dalam hubungan. Masalah-masalah yang ada akan menumpuk seiring waktu dan menjadi tidak terkendali. Akibatnya, hubungan akan hancur dengan sendirinya jika Kamu tidak segera memperbaiki pola komunikasi satu sama lain.

Baca Juga :  5 Cara Agar Cepat Move On

8. Manipulasi

Hubungan bukanlah permainan di mana Kamu perlu memanipulasi pasangan untuk menyelesaikan masalah. Hubungan yang baik adalah ketika Kamu dan pasangan bisa menghargai satu sama lain.

Manipulasi dalam bentuk apapun dapat membuat seorang merasa tersakiti, kehilangan kepercayaan diri dan tentunya merusak hubungan yang sedang dijalani.

9. Tidak mau berkompromi

Kompromi tidak selalu berarti Kamu kalah dari pasangan. Lebih dari itu, kompromi adalah ketika Kamu rela dengan ikhlas membuat perubahan tertentu dalam hidupmu yang bertujuan untuk kebaikan bersama dalam suatu hubungan.

Saat Kamu benar-benar mencintai pasanganmu, kesediaan untuk berkompromi akan muncul secara alami tanpa paksaan. Namun, jika Kamu tidak bisa melakukannya, maka mungkin berpisah adalah hal terbaik sebelum akhirnya Kamu sendiri yang akan merusak hubungan tersebut.

Geng Sehat, itulah hal-hal kecil yang seringkali tidak disadari namun bisa merusak hubungan, bahkan lebih parah dari sebuah perselingkuhan. Nah, semoga setelah mengetahuinya, Kamu dan pasangan bisa mulai menghindari atau mungkin memperbaikinya, ya! (BAG)

Baca juga: Ini Tanda Pasangan Kamu Selingkuh Emosional

Sumber:

Pink Villa. “9 things that are worse than cheating in a relationship“.

Comment