Pandemi Bikin Tak Bisa Cukur Rambut, Eh Dia Bikin Robot Cukur Rambut

KalbarOnline.com – Pandemi Covid-19 telah memaksa banyak sektor bisnis berhenti dan orang-orang dipaksa untuk melakukan pembatasan sosial. Karena pandemi Covid-19 ini juga bahkan kini orang-orang kesulitan untuk mencukur rambut mereka.

Selain memang banyak gerai yang belum diizinkan buka, karena antisipasi penyebaran Covid-19 juga banyak orang menunda untuk perawatan rambut mereka. Ini dilakukan untuk mengantisipasi penularan virus lewat tetesan dan interaksi jarak dekat antara penyedia jasa potong rambut dan konsumen mereka.

Merasa kesulitan akan hal tersebut, ada orang-orang yang tidak kehabisan akal. Selain banyak yang pada akhirnya merawat atau memangkas rambut mereka sendiri, ada seorang engineer yang bahkan sampai membuat robot pencukur rambut demi bisa bercukur.

Adalah YouTuber Shane of Stuff Made Here yang memutuskan untuk mengambil kesempatan ini untuk membuat robot yang dapat memotong rambutnya. Dalam sebuah video yang dia bagikan di YouTube, dirinya memamerkan proses pemotongan rambut menggunakan robot yang dia buat.

Baca Juga :  Ngobrol Via Telpon dengan Xi Jinping, Biden Kritik Kebijakan Tiongkok

Sekilas tampak sederhana robot yang dibuatnya. Tampak satu buah lengan yang menggenggam gunting yang disertakan dengan kamera dan berbagai sensor diletakkan pada sebuah modul lingkaran di atas meja.

Di meja tersebut, ada sebuah lubang dimana sang engineer memasukkan kepalanya untuk kemudian dilakukan proses pencukuran. Robot tersebut tentunya sudah diprogram sedemikian rupa agar bisa bekerja optimal dan tentunya aman bagi kepala manusia saat mencukur.

Tampak juga dalam video yang dia bagikan, sebelum mencukur, dia bisa memilih model rambut yang dia suka untuk dipotong melalui pencarian internet atau koleksi yang sudah dimasukkan. Setelah menemukan gaya rambut yang pas, tombol enter pada komputer ditekan dan robot mulai bekerja mencukur rambut.

Baca Juga :  Pencipta Gunting DNA Akhirnya Menangkan Nobel Kimia

Dia juga membuat aplikasi di iPad-nya yang memungkinkannya memilih gaya rambut yang dia inginkan. Robot itu juga bahkan “mengobrol” dengannya seperti yang Anda harapkan dari tukang cukur atau penata rambut Anda.

Menurut Shane, ia percaya bahwa penata rambut robot memiliki banyak potensi. “Kemungkinan untuk mesin jenis ini tidak terbatas dengan hal yang paling menarik adalah potongan rambut yang terlalu sulit untuk dicapai oleh pemotong rambut manusia,” ungkapnya.

Apakah hasilnya sempurna? Dalam penjelasannya di video, dia menyebut hasilnya cukup rapih untuk ukuran pengerjaan yang dilakukan robot. Hanya saja, dia mengamini pekerjannya memang belum sempurna dan masih membutuhkan pengembangan lebih lanjut. (*)

Berikut ini adalah video proses pemotongan rambut tersebut:

Comment