Ini Tandanya Kamu Berada dalam Hubungan yang Stabil dan Bahagia

Menjalani suatu hubungan dengan orang yang dicintai memang terasa selalu menyenangkan. Tak jarang karena terlalu bahagia saat menjalaninya, Kamu justru tidak menyadari adanya tanda-tanda bahaya dalam hubungan.

Perlu diingat, hubungan jangka panjang yang dijalani selama bertahun-tahun pasti tidaklah mudah. Kamu dan pasangan mungkin akan melalui masa-masa sulit yang membuatmu merasa berada pada titik terendah.

Pada saat itulah, Kamu perlu mengetahui tanda-tanda hubunganmu stabil atau tidak. Hubungan yang stabil menjadi fondasi kuat sebuah hubungan, sehingga ketika ada masalah, Kamu dan pasangan bisa berhasil melewatinya.

Baca juga: Apakah Hubungan Anda dan Pasangan Sudah Sehat?

Tanda-tanda Hubungan Stabil

Nah, untuk memastikan bahwa Kamu dan pasangan sudah berada dalam hubungan yang stabil, berikut 8 tandanya.

1. Saling mendukung pertumbuhan individu

Pasangan yang berada dalam hubungan yang stabil akan merasa percaya diri dan nyaman satu sama lain. Itulah sebabnya, mereka akan mendukung prestasi satu sama lain sebagai individu. Mereka akan merasa bahagia dan saling membantu, baik dalam hal karier ataupun hobi.

Sebaliknya, ketika seseorang berada dalam hubungan yang tidak stabil dan merasa tidak aman, ia akan menghabiskan seluruh energi hanya untuk menjaga pasangannya agar tidak melakukan hal-hal yang tidak disukainya.

2. Akan selalu terhubung satu sama lain

Pasangan dalam hubungan yang stabil akan terhubung satu sama lain bagaimana pun caranya. Mereka selalu senang mempelajari banyak hal satu sama lain, mulai dari harapan, pengalaman, ataupun minat.

Baca Juga :  Edukasi Gizi Sejak Dini, Persiapan Hadapi Bonus Demografi 2045

Menanyakan hal-hal kecil seperti tentang keseharian masing-masing atau bahkan perubahan besar yang terjadi dalam hidup merupakan cara pasangan yang berada dalam hubungan stabil saling beradaptasi. Sementara, pasangan dalam hubungan yang tidak stabil justru sangat jarang melakukan hal-hal ini.

3. Tetap merasa nyaman meski sedang tidak bersama

Mampu melakukan kesibukan masing-masing tanpa merasa khawatir ada hal yang akan mengancam hubungan adalah salah satu tanda hubungan yang stabil secara emosional. Ketika seseorang berada dalam hubungan yang tidak stabil, ia akan selalu merasa khawatir dan takut kehilangan pasangannya ketika sedang tidak bersama.

Baca juga: Hubungan yang Tahan lama, Punya 9 Karakteristik Ini!

4. Mampu mengekspresikan perasaan

Mengekspresikan perasaan pada pasangan seperti menunjukkan rasa cinta, kasih sayang, bahkan kemarahan adalah tanda hubungan yang stabil. Sebaliknya, ketika Kamu berada dalam hubungan yang tidak stabil, Kamu akan cenderung diam setiap kali berhadapan dengan konflik.

5. Tidak saling menyalahkan

Meski sedang bertengkar, namun pasangan yang berada dalam hubungan stabil umumnya tidak akan berusaha selalu memenangkan argumennya. Pasangan yang berada dalam hubungan stabil umumnya akan berusaha untuk lebih memahami kebutuhan dan sudut pandang satu sama lain sehingga dapat berkomunikasi secara lebih sehat dalam menyelesaikan masalah.

6. Mengutamakan hubungan

Mengutamakan hubungan dibanding kepuasan pribadi adalah tanda dari kematangan emosional dalam mengupayakan hubungan yang sehat. Ini termasuk memberi dukungan emosional ketika pasangan berada dalam keadaan sulit serta tidak mudah mengutarakan perpisahan hanya karena masalah kecil.

Baca Juga :  Efek Psikologis Warna Merah, Gambarkan Ambisi Hingga Amarah

7. Saling berkompromi

Dalam hubungan tentu akan ada banyak perbedaan antara Kamu dan pasangan. Untuk itulah berkompromi sangat dibutuhkan demi menjaga hubungan tetap sehat. Melalui kompromi, Kamu dan pasangan bisa saling memahami kebutuhan masing-masing dan memutuskan ‘jalan tengah’ dari perbedaan yang ada, sehingga masing-masing dari kalian akan tetap merasa bahagia tanpa terbebani.

8. Merasa yakin akan masa depan

Ketika Kamu bertemu dengan seseorang yang dicintai, hidup tentu akan terasa begitu indah. Namun, setelah beberapa lama bersama, Kamu mungkin akan mulai bertanya, apakah Dia adalah orang yang benar-benar tepat untukmu, apakah mungkin Dia tidak akan pernah meninggalkanmu selamanya.

Nah, jika Kamu berada dalam hubungan yang stabil, maka Kamu akan dengan mudah merasa yakin dengannya. Kamu percaya bahwa Dia tidak akan pernah meninggalkanmu dan yakin akan memiliki masa depan yang bahagia bersamanya.

Nah Gengs, itulah beberapa tanda jika Kamu berada dalam hubungan yang stabil. Ayo, kira-kira Kamu sudah memiliki tanda-tanda ini belum ketika bersama Dia? (BAG)

Baca juga: Tips Hubungan Makin Harmonis dalam 14 Hari

Referensi

Pink Villa. “8 Signs that show you are in a happy and stable relationship“.

Comment