Rebut Pole Position Ke-91, Momentum Hamilton Pesta di Rumah Sendiri

KalbarOnline.com – Dominasi pembalap Mercedes sepanjang tiga race F1 musim ini tidak terbantahkan. Dan tampaknya tidak akan terpatahkan.

Sebab, situasi serupa terulang pada balapan GP Inggris di Sirkuit Silverstone hari ini. Dua jagoan mereka, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, kembali start dari posisi 1-2 dalam kualifikasi tadi malam WIB (1/8).

Hamilton memastikan pole position ketiganya musim ini dan yang ke-91 sepanjang karirnya dengan catatan impresif 1 menit 24,303 detik. Capaian itu sekaligus menjadi lap record baru di Silverstone. Bottas lebih lambat 0,313 detik daripada sang juara bertahan. Tercepat ketiga ada jagoan Red Bull Max Verstappen yang berselisih 1,022 detik.

Gap waktu yang signifikan antara pembalap Mercedes dan Verstappen menabalkan dominasi W11. ’’Mercedes terlalu cepat. Aku mencoba melakukan yang terbaik dan hasilnya hanya posisi ketiga,’’ kata Verstappen.

Akan tetapi, dia menyebut masih ada peluang untuk memberikan tekanan buat duo Mercedes pada balapan hari ini.

Baca Juga :  Mobil Sempat Spin, Tapi Bangkit dan Catat Pole ke-91 Dalam Karier

Sepanjang kualifikasi, Bottas sebenarnya tampil impresif pada sesi pertama dan kedua. Dia melesat tercepat dalam dua sesi tersebut. Sementara itu, Hamilton sempat melintir saat keluar dari tikungan Luffield di awal kualifikasi kedua dengan menggunakan kompon ban medium.

Kejadian itu membuat red flag dikibarkan.

Namun, semangat juara Hamilton membuktikan ketangguhannya. Apalagi, Silverstone adalah rumahnya. Pembalap 35 tahun itu berhasil lolos ke kualifikasi ketiga dan menjadi yang tercepat di akhir sesi.

’’Kualifikasi itu lebih banyak tentang membangun kepercayaan diri,’’ kata Hamilton ketika diwawancarai seusai kualifikasi.

Pembalap kelahiran Stevenage, Inggris, itu berupaya bangkit setelah melalui saat sulit. ’’Aku berjuang melewati seksi pertama (Sirkuit Silverstone) dan setelah itu aku berhasil menenangkan diri,’’ lanjutnya.

Balapan hari ini menjadi momentum terbaik bagi Hamilton untuk kembali bersinar di kandang sendiri. Meskipun, kali ini bakal berlangsung dalam situasi berbeda. Tanpa sorak-sorai fans tuan rumah. Seperti yang terjadi pada tiga balapan sebelumnya.

Baca Juga :  Flandy Limpele Belum Pasang Target untuk Ganda Putra Malaysia

Sementara itu, Charles Leclerc menjadi tumpuan Ferrari untuk bangkit. Hasil kualifikasi kemarin kembali menempatkan dia di second row kedua musim ini.

Sedangkan rekan setimnya, Sebastian Vettel, akan memulai start dari posisi ke-10. Pembalap Inggris lainnya, Lando Norris, menempati posisi kelima. Dia berada di barisan ketiga bersama andalan Racing Point Lance Stroll.

Balapan akhir pekan ini sekaligus menjadi ujian konsistensi Pink Mercedes –julukan Racing Point– setelah Sergio Perez dinyatakan positif Covid-19.

Sementara itu, Nico Hulkenberg yang menggantikan peran Perez hanya mampu lolos hingga kualifikasi kedua. Padahal, RP20 milik Racing Point sebelumnya tampil mengejutkan dan kompetitif pada awal musim ini.

Comment