Bupati dan Wakil Bupati Sekadau Hadiri Pagelaran Adat Budaya Melayu Sintang Bertajuk Ritual Gunting Rambut

Bupati dan Wakil Bupati Sekadau Hadiri Pagelaran Adat Budaya Melayu Sintang Bertajuk Ritual Gunting Rambut

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sekadau, Rupinus dan Wakil Bupati Sekadau, Aloysius beserta istri Ny. Vixtima Heri Supriyanti Aloysius, A.Md menghadiri pagelaran adat budaya Melayu Sintang bertajuk ritual gunting rambut dan turun anak ke aik, Shamara Thara Shaqueena putri dari Hermansyah, Camat Belitang Kabupaten Sekadau dan Fatri Diana Kartawidjaja putri dari Ade Kartawidjaja, Ketua Umum MABM Sintang di Rumah Melayu Sintang, Jl. Y. C. Oevang Oeray, Minggu (3/8/2020).

Turut hadir mendampingi Bupati dan Wakil Sekadau dalam acara tersebut Penjabat Sekda Kabupaten Sekadau, Nurhadi, SIP beserta isteri dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Sekadau, Leonardus, S.Sos.

Baca Juga :  Pemkab Sintang Lakukan Safari Ramadhan Perdana di Kelam Permai

Bupati dan Wakil Bupati Sekadau Hadiri Pagelaran Adat Budaya Melayu Sintang Bertajuk Ritual Gunting Rambut 2

Bupati Sekadau, Rupinus dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia penyelenggaran yang telah mengundang Pemkab Sekadau dalam kegiatan Pagelaran Adat Budaya Melayu Sintang.

“Terima aksih atas undangan ini, suatu kehormatan. Kami kabupaten baru 15 tahun, kami harus lebih banyak belajar ke saudara tua kami, Sintang. Mari kita merajut kebersamaan dan toleransi,” ujarnya.

Orang nomor satu di Bumi Lawang Kuari ini mengatakan, Pagelaran Adat Budaya Melayu Sintang bertajuk acara gunting rambut dan turun anak ke aik merupakan Adat budaya Melayu yang perlu dilestarikan.

Baca Juga :  Tutup Gala Desa, Bupati Jarot Sebut Olahraga Cara Efektif Sukseskan Gerakan Revolusi Mental

Dirinya pun merasa terpukau dengan Rumat Adat Melayu Tepak Sireh Kabupaten Sintang.

“Kehadiran kami rasa-rasanya wow. Kami belum punya (rumah Melayu) kami baru berencana membangun rumah adat budaya Melayu,” kata Rupinus.

Saat ini, Pemkab Sekadau kata Rupinus sedang fokus menyelesaikan pembangunan Masjid Agung dan gereja Agung.

“Kalau keraton sudah ada, karena sekarang kami baru mau menyelesaikan Masjid Agung dan gereja katolik. Ini Berproses mudah-mudahan tahun ini selesai. Rumah adat nanti kita bangun,” ungkapnya. (Mus)

Comment