Wali Kota Apresiasi Panitia Gunakan Besek Untuk Wadah Daging Kurban

Wali Kota Apresiasi Panitia Gunakan Besek Untuk Wadah Daging Kurban

Panitia Kurban Masjid Sirajul Munir Tiadakan Kantong Plastik

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengapresiasi panitia kurban Masjid Sirajul Munir Jalan Kom Yos Sudarso Kelurahan Sungai Jawi Luar Kecamatan Pontianak Barat karena meniadakan penggunaan kantong plastik. Sebagai gantinya, panitia menyediakan besek dan daun pisang untuk wadah daging kurban.

“Kita apresiasi kepada panitia kurban di masjid ini karena melaksanakan himbauan yang sudah kita sampaikan terkait meniadakan penggunaan kantong plastik,” ujarnya saat membagikan daging kurban secara simbolis di masjid tersebut, Jumat (31/7/2020).

Baca Juga :  Anak Mutilasi Ibu Kandung di Gang Landak Pontianak, Ini Penjelasan Polisi

Ia menambahkan, kebijakan yang dikeluarkan ini merupakan bagian dari tindak lanjut dari arahan pemerintah pusat dalam mengurangi penggunaan kantong plastik. Pihaknya akan menerapkan kebijakan tersebut secara terus-menerus.

“Mudah-mudahan ini bisa menyadarkan masyarakat untuk berusaha mengurangi dampak dari penggunaan sampah kantong plastik,” harapnya.

Sebagaimana yang tertuang dalam surat edaran nomor 42/DLH/TAHUN 2020, imbauan ini dalam rangka pelaksanaan program pengurangan sampah plastik sebagai sumber penghasil sampah. Pihaknya mengimbau kepada panitia kurban pada Hari Raya Idul Adha 1441 H untuk dapat mendukung program ini dengan tidak menggunakan kantong plastik saat pembagian daging kurban.

Baca Juga :  Cirus: Karolin-Gidot Ungguli Midji – Norsan

Diakuinya, meskipun kantong plastik dinilai lebih praktis namun juga berdampak pada lingkungan.

“Bayangkan, satu kantong plastik membutuhkan waktu ratusan tahun untuk bisa terurai,” pungkasnya. (jim/prokopim)

Comment