by

Ikut Tren, Apple Siapkan Kamera Periskop Buat IPhone Mendatang

-Uncategorized-31 views

KalbarOnline.com – Apple dilaporkan bermitra dengan anak perusahaan Samsung dan perusahaan Tiongkok lainnya untuk memasukkan ‘lensa kamera periskop’ ke iPhone mendatang. Menurut bocoran leaker, semua iPhone dari 2022 diprediksi akan dilengkapi dengan kamera telefoto periskop yang kuat.

Klaim tersebut berasal dari prediksi dan analis produk Apple terkenal Ming-Chi Kuo. Lalu dirinci dalam catatan penelitian yang dilihat oleh MacRumors.

Kamera periskop sendiri saai ini menjadi tren yang banyak digunakan oleh para pembuat smartphone. Seperti Samsung, Huawei, Oppo dan banyak lagi vendor smartphone Tiongkok lainnya. Lensa periskop, yang menggunakan cermin untuk memberikan zoom optik yang jauh lebih besar, telah diperkenalkan ke smartphone P30 Pro Huawei tahun lalu.

Diketahui, P30 Pro besutan Huawei menawarkan zoom optik 5x menggunakan teknologi zoom optik ‘periskop’. Bahkan dapat memperbesar hingga 50x dengan perangkat lunak tambahan.

Sementara itu, Samsung Galaxy S20 Ultra dapat memperbesar hingga 100x menggunakan zoom optik gabungan dan zoom digital bertenaga kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Tetapi teknologi ini kontroversial karena menyediakan alat yang dapat diakses untuk menyerang privasi orang dan mengintip melalui jendela tetangga.

Sejauh ini, tidak diketahui kemampuan zoom tingkat mana yang akan melengkapi iPhone. Tetapi teknologinya dilaporkan akan menawarkan peningkatan hingga 2x dari kemampuan zoom di iPhone 11 dan dapat memperbesar hingga 50x.

“Kami memperkirakan bahwa Semco, pemasok lensa Korea terbaik, dan Sunny Optical, pemasok lensa Tiongkok terbaik, akan memasuki rantai pasokan lensa Apple masing-masing pada 2H20 dan 2021,” kata Kuo, seperti dikutip oleh MacRumours.

Semco akan memberikan ‘persentase besar’ sekitar 50 persen lensa telefoto periskop baru kepada Apple untuk 2022‌, yang dapat disebut iPhone 14. Perjanjian yang diduga dengan pemasok baru akan mengambil proporsi pasokan lensa dari perusahaan yang berbasis di Taiwan dan Genius Electronic Optical.

MacRumors juga melaporkan, Apple sebelumnya telah merencanakan untuk menggunakan Genius Electronic Optical untuk memasok lensa periskop.

Sistem lensa periskop pada kamera ponsel cerdas menggunakan cermin atau prisma untuk memantulkan cahaya dan mengubah arah perjalanannya. Secara umum, untuk kemampuan zoom yang lebih besar, lensa kamera depan dan belakang harus memiliki jarak yang cukup. Sehingga membantu memperbesar gambar saat mencari serta menangkap cahaya.

Namun, dalam perangkat ramping seperti iPhone, ada ruang terbatas untuk memperbesar gambar, tanpa lensa kamera mencuat dari badan perangkat. Itulah mengapa iPhone saat ini telah dibatasi zoomnya hanya pada kemampuan optik 2x.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment