by

Jepang Tengah Bangun Robot Gundam Raksasa Setinggi 18 Meter

-Uncategorized-49 views

KalbarOnline.com – Kenal dengan karakter Gundam? Gundam merupakan robot fiksi yang muncul dalam sekitar 50 serial TV dan film sejak 1979 yang populer di seluruh dunia dan sejumlah video game serta manga, bahkan sampai saat ini.

Di Jepang, negara asal karakter tersebut sudah banyak dibangun robot-robot Gundam raksasa. Ini sekaligus menunjukkan bahwa Jepang sebagai salah satu negara sentral budaya pop yang banyak digandrungi.

Satu lagi robot raksasa Gundam dilaporkan sedang dibangun dan dalam tahap penyelesaian. Robot tersebut dibangun di Gundam Factory Yokohama. Sesuai dengan namanya, proyek tersebut bakal membangun robot yang diadaptasi dari karakter anime berjudul sama.

Robot yang dibangun di daerah Pelabuhan Yokohama tersebut merupakan yang pertama kalinya yang dibuat untuk dapat bergerak. Di Jepang sendiri telah banyak dibangun beberapa patung Gundam raksasa yang menjadi landmark Negeri Sakura.

Sebelumnya diketahui pernah dibuat patung robot Gundam dengan ukuran raksasa mengusung model dari RX-78-2. Patung tersebut dibongkar pada 2012 untuk digantikan dengan model baru Gundam Unicorn pada 2017.

Kini, robot Gundam baru yang bisa bergerak dan sedang dirampungkan membawa bentuk model Gundam RX-78. Proyek ini sudah dimulai sejak awal 2020.

Dilansir dari Popularmechanics, pembangunan robot raksasa Gundam terbaru ini sudah menunjukkan progres yang menjanjikan. Dalam sebuah video YouTube yang diunggah oleh Michael Overstreet, terlihat bahwa model robot raksasa Gundam RX-78 telah bisa menggerakan bagian bawahnya di markas yang terletak di pelabuhan Yokohama.

Dalam video pendek tersebut, pihak pengembang mencoba mendemontstrasikan pergerakan robot rakasa ini. Terlihat bahwa kaki raksasa dari Gundam RX-78 ini bergerak terangkat keatas dan ini tampaknya menggoda bagi para penggemar karakter Gundam.

Tidak hanya bagian kakinya saja, bagian kecil yang terlihat menutupi pergerakan kaki juga ikut bergerak untuk memberi ruang kaki. Meski progresnya positif di tengah pandemi Covid-19, bagian kepala belum rampung.

Sepertinya pihak pengembang masih berusaha untuk menyempurnakan satu per satu bagian tubuhnya. Sementara jika semua proyeknya telah selesai, robot raksasa Gundam ini ditaksir akan memiliki ketinggian sekitar 60 kaki atau 18,2 meter dengan berat mencapai 60 ton.

Comment