by

Asisten Virtual Bakal Makin Canggih, Bisa Tunjukkan Emosi

KalbarOnline.com – Asisten digital yang biasa dgunakan seperti Alexa dan Google Assistant cenderung berbicara dengan suara monoton. Tanpa nada suara yang nyata untuk menyampaikan emosi. Namun hal itu sebentar lagi bisa berubah. Sebab, sebuah perusahaan Inggris telah mengembangkan asisten virtual yang dapat berbicara dengan ’emosi manusia yang dalam’ dan bahkan menangis.

Teknologi ini dikembangkan oleh tim yang terdiri dari sepuluh orang di perusahaan yang berbasis di London, Sonantic. Perangkat lunak ini dapat menyerap suaranya dengan berbagai karakteristik mulai dari panik hingga kesedihan dan bahkan sesak napas.

“Kami menciptakan suara artifisial hyper-realistis. Tidak seperti perusahaan text-to-speech lainnya, kami mengkhususkan diri dalam kehalusan dan nuansa, pada dasarnya memberikan suara sesuai permintaan, “kata kepala eksekutif Sonantic Zeena Qureshi kepada The Times.

Untuk membuat setiap suara yang berbeda, perusahaan bekerja dengan aktor untuk merekam berbagai kata dan kalimat yang diucapkan dengan infleksi yang berbeda. Ini menggunakan teknologi dan alat berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Nantinya, suara apapun seperti yang diminta dan menterjemahkannya dengan berbagai bentuk emosi.

“Saluran pipa suara dan pekerjaan hiburan cukup berat di bidang logistik, seperti casting, mengedit, mengarahkan, memesan studio dan melakukan beberapa iterasi dan ada cukup banyak biaya untuk itu. Kami dapat mengambil proses dari bulan ke menit dan menyisihkan kerumitan semua logistik yang terlibat dan itu lebih murah,” tambah Qureshi.

“Kami menggunakan pembelajaran mendalam untuk benar-benar fokus pada unsur-unsur mikro tersebut, misalnya emosi dan kesedihan,” kata chief technology officer Sonantic John Flynn menambahkan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

News Feed