Samsung Disebut Tengah Ciptakan Prosesor Exynos untuk PC Windows

KalbarOnline.com – Samsung di lini bisnis System on Chip (SoC)-nya cukup banyak mendapat kecaman karena kinerja prosesor Exynos-nya yang dinilai relatif lebih lemah. Berbagai tes menunjukkan Galaxy S20 Series dengan Exynos 990 berkinerja buruk dibandingkan dengan chip saingan dari Apple dan Qualcomm.

Fans bahkan telah memulai petisi online untuk meminta perusahaan untuk beralih ke prosesor Snapdragon. Namun, perusahaan tidak memiliki rencana untuk meninggalkan jajaran SoC-nya. Bahkan, perusahaan Korea Selatan (Korsel) itu kini sedang berusaha memperluas kehadiran prosesor Exynos-nya.

Divisi semikonduktor perusahaan telah membuat kesepakatan dengan Vivo untuk chipset Exynos-nya. Dilansir dari SamMobile, Rabu (29/7), Samsung bersama perusahaan Tiongkok itu berencana merilis berbagai smartphone dengan Exynos 980 dan Exynos 880.

Baca Juga :  Bekerjasama Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Tri Gelontorkan Bantuan Kuota 86GB

Dilaporkan bahwa Samsung sedang mengembangkan chipset Exynos baru untuk perangkat PC Windows. Rupanya, prosesor ARM baru didasarkan pada Exynos 1000 dan itu bisa disebut Exynos 1.

Kabarnya, chipset berbasis Exynos 1000 untuk Windows dapat dibangun menggunakan proses fabrikasi EUV 5 nm Samsung dan dapat menggunakan inti CPU Cortex-X1 yang baru-baru ini diumumkan. Saat ini, tidak jelas seberapa dalam Samsung dalam pengembangan chipset ini dan kapan bisa melihatnya di pasaran.

Baca Juga :  Samsung Siapkan Ponsel Murah Galaxy M12, Ini Bocoran Spesifikasinya

Perusahaan juga dilaporkan telah mengembangkan versi khusus PC Exynos 990. Jika perusahaan berhasil merilis prosesor Exynos untuk PC Windows, bisa debut dengan laptop tipis dan ringan seperti Galaxy Book S yang menjalankan Windows 10.

Saat ini, hanya Qualcomm yang menjual prosesor berbasis ARM untuk PC Windows (Snapdragon 8cx, Snapdragon 8c, dan Snapdragon 7c), dan segmen tersebut juga dapat menggunakan beberapa kompetisi. Harapannya, chipset Samsung mendatang dapat salib bertukar dengan Snapdragon 8cx dalam hal kinerja, efisiensi daya, dan konektivitas.

Comment