Mums, Jangan Lupakan Pentingnya Vitamin D3 selama Kehamilan

Tubuh membutuhkan asupan vitamin D yang cukup untuk membantu penyerapan kalsium dan juga fosfor. Pada ibu hamil, vitamin D sangat dibutuhkan untuk membantu perkembangan tulang, gigi, ginjal, jantung, dan sistem saraf bayi. Selain itu, menurut sebuah penelitian, vitamin D dapat mengurangi kemungkinan komplikasi kehamilan, seperti diabetes gestasional, kelahiran prematur, dan infeksi.

Baca juga: Kekurangan Vitamin D Bikin Wanita Sulit Hamil?

Mengapa Vitamin D Penting untuk Ibu Hamil?

Vitamin D adalah vitamin steroid dari sekelompok prohormon yang larut dalam lemak. Ibu hamil harus memastikan tubuhnya tidak kekurangan vitamin ini selama kehamilan, demi menjaga kesehatan dirinya dan juga bayi yang dikandung.

Kekurangan vitamin D selama kehamilan bisa memicu terjadinya sejumlah masalah kesehatan pada pada bayi, seperti rakhitis (kondisi yang menyebabkan tulang mudah patah), pertumbuhan tulang abnormal, dan keterlambatan perkembangan fisik.

Secara lebih rinci, berikut manfaat vitamin D selama kehamilan:

– Membantu pembentukan tulang bayi yang kuat, termasuk tulang tengkorak dan rangka.

– Menjaga kehamilan. Vitamin D menginduksi perubahan imunologi yang mencegah ibu mengalami keguguran.

– Meningkatkan perkembangan otak. Menurut studi, kekurangan vitamin D berhubungan dengan perubahan perkembangan otak dan kesehatan mental orang dewasa.

Berapa Jumlah Vitamin D yang Diperlukan selama Hamil?

Berdasarkan sebuah studi, para peneliti merekomendasikan agar ibu hamil sebaiknya mengonsumsi 4.000 Unit Internasional (IU) vitamin D setiap hari. Jumlah ini terhitung 10 kali lipat lebih banyak dari jumlah biasanya, yakni hanya sekitar 400 IU.

Baca Juga :  5 Komplikasi Kehamilan di Trimester Kedua yang Harus Diwaspadai

Dalam penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi 4.000 IU vitamin D setiap hari pada trimester kedua dan ketiga tidak menunjukkan tanda bahaya. Justru, terjadi penurunan tingkat komplikasi terkait kehamilan dibanding dengan wanita hamil yang hanya mengonsumsi 400 IU vitamin D setiap harinya.

Baca juga: Seberapa Banyak Vitamin D yang Kamu Butuhkan?

Bagaimana Mencukupi Vitamin D selama Kehamilan?

Paparan sinar matahari adalah sumber utama vitamin D. Oleh karena itu, cobalah untuk membiasakan diri berjemur atau melakukan aktivitas fisik ringan di luar ruangan sebelum pukul 10.00 atau setelah pukul 16.00. Semakin terang warna kulit, maka waktu yang dibutuhkan sebenarnya tidak perlu terlalu lama.

Hindari berjemur di bawah terik matahari langsung setelah pukul 10.00 hingga 15.00. Pasalnya, pada saat tersebut, sinar matahari dapat membakar kulit Mums Selain melalui paparan sinar matahari, sejumlah kecil vitamin D juga dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan, seperti ikan berlemak (salmon, tuna, sarden), telur, hati (jangan dikonsumsi lebih dari 100 gram per minggu), margarin, susu, dan yoghurt.

Folamil Gold dan Folamil Genio, Bantu Mums Penuhi Kebutuhan Vitamin D selama Hamil

Kebutuhan vitamin D selama kehamilan perlu Mums penuhi dengan berbagai cara, baik melalui paparan sinar matahari dan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin ini. Selain itu, Mums juga dapat membantu memenuhinya dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D, seperti Folamil Gold dan Folamil Genio.

Baca Juga :  Sukseskan Program Zero Stunting, Ditreskrimsus Polda Kalbar Salurkan Makanan Berprotein di Pontianak dan Kubu Raya

Mums, Jangan Lupakan Pentingnya Vitamin D3 selama Kehamilan 1

Folamil Gold dan Folamil Genio adalah suplemen lunak yang mengandung micronutrient sesuai dengan rekomendasi The International Federation of Gynecology and Obstetrics (FIGO), untuk mengoptimalkan nutrisi pada masa prakonsepsi kehamilan dan menyusui.

Dalam setiap kapsul lunaknya, baik Folamil Gold ataupun Folamil Genio, terkandung vitamin D3 sebanyak 400 IU yang dapat membantu memenuhi kebutuhan selama kehamilan. Kedua suplemen ini memiliki keunggulannya masing-masing. Folamil Genio memiliki kandungan zat besi dan vitamin lain yang lebih lengkap, sementara Folamil Gold memiliki kandungan DHA yang lebih tinggi, yakni sebanyak 200 mg. Kandungan DHA yang tinggi ini membuat Folamil Gold sangat tepat dikonsumsi selama trimester ketiga kehamilan, saat otak dan tulang janin sedang berkembang pesat.

Pada dasarnya, Folamil Gold dan Folamil Genio dapat dikonsumsi pada usia kehamilan berapa pun untuk mendukung tumbuh kembang janin. Dosis konsumsi setiap suplemen ini adalah sebanyak 1 kapsul setiap hari. Kedua suplemen ini juga tidak berbau amis, sehingga Mums tetap merasa nyaman saat mengonsumsinya. (BAG/AS)

Baca juga: Minum Banyak Vitamin Saat Kehamilan? Pilih Multivitamin Ibu Hamil yang Paling Lengkap

Sumber:

American Pregnancy Association. “Vitamin D and Pregnancy“.

Ministry of Health Manatu Hauora. “Vitamin D and your pregnancy“.

Tommys. “Vitamin D in pregnancy“.

WebMD. “High Doses of Vitamin D May Cut Pregnancy Risks“.

Product Knowledge of Folamil Gold.

Comment