by

Sakit Kepala di Pagi Hari, Apa Penyebabnya?

Pernah merasakan sakit kepala atau pening ketika baru bangun tidur? Hal tersebut sangat mengganggu bukan? Apalagi kalau Kamu harus bersiap-siap untuk pergi ke kantor. Mungkin Kamu sering merasa bingung apa penyebab sakit kepala di pagi hari, padahal semalam Kamu tidak makan atau melakukan hal yang dapat memicu sakit kepala.

Sakit kepala di pagi hari dapat terjadi karena berbagai alasan. Kamu mungkin mengalaminya sesekali, terutama ketika Kamu tidur terlalu malam, atau kerap terbangun dari tidur. Jika Kamu lebih sering mengalaminya, bisa saja ada kaitannya dengan stres.

Sakit kepala di pagi hari dialami oleh 1 dari 13 orang. Kondisi ini merupakan hasil dari perubahan fisiologi tubuh Kamu. Pada dini hari, tingkat pengurangan rasa sakit internal tubuh mengalami penurunan. Selain itu, tubuh Kamu memproduksi lebih banyak adrenalin selama waktu ini, yang bisa memicu sakit kepala migrain.

Kurangnya kualitas tidur atau gangguan tidur juga dapat menyebabkan sakit kepala di pagi hari. Orang dengan gangguan tidur, 2 hingga 8 kali lebih mungkin mengalami sakit kepala di pagi hari daripada mereka yang tidak memiliki gangguan tidur.

Tapi ternyata, ada sejumlah hal yang memicu timbulnya sakit kepala di pagi hari. Simak apa saja yuk pemicunya!

Baca juga: Cuaca Dingin Picu Sakit Kepala

Penyebab Sakit Kepala di Pagi Hari

Meski kebanyakan faktor pemicu sakit kepala di pagi hari bukanlah sesuatu yang serius, namun beberapa di antaranya membutuhkan bantuan medis. Sakit kepala di pagi hari yang terus menerus hingga sangat menggangu rutinitas Kamu, salah satunya.

Berikut ini beberapa faktor penyebab sakit kepala di pagi hari:

1. Kurang tidur

Tubuh Kamu membutuhkan 7 ā€“ 8 jam istirahat untuk berfungsi secara normal. Jadi, ketika Kamu tidur kurang dari waktu tersebut, maka tubuh akan bereaksi negatif. Hormon akan menjadi tidak seimbang dan meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, dan stres. Hal-hal tersebutlah yang menyebabkan sakit kepala.

2. Terlalu banyak tidur

Tidak hanya kurang tidur saja, terlalu banyak tidur juga bisa menimbulkan sakit kepala di pagi hari. Tidur lebih dari 9 jam seringkali dikaitkan dengan penurunan kadar hormon serotonin di dalam otak. Kadar serotonin yang rendah bisa menurunkan aliran darah ke otak dan memicu sakit kepala.

Baca juga: Apakah Tidur 5 Jam Cukup? Ini Jawabannya!

3. Endorfin rendah

Hormon endorfin paling sedikit diproduksi tubuh di pagi hari. Untuk sejumlah orang, hal ini dapat menyebabkan sakit kepala. Kadar endorfin yang rendah dapat mempengaruhi kadar zat lain seperti neurotransmitter, tepatnya serotonin, dan menyebabkan pembuluh darah di dalam otak menyempit. Penyempitan tersebut mengurangi aliran darah ke otak dan dapat memicu sakit kepala di pagi hari.

4. Otot-otot tegang

Sakit kepala dini hari mungkin disebabkan oleh otot yang tegang di leher. Kamu mungkin perlu mengevaluasi posisi tidur dan bantal yang Kamu gunakan untuk menghilangkan sakit kepala pagi ini.

Bantal seharusnya bisa membantu mempertahankan posisi tidur di mana leher dan tulang belakang ditopang dengan benar. Menemukan bantal yang tepat mungkin membutuhkan beberapa kali pergantian sampai menemukan yang pas dan nyaman.

Bantal harus menjaga posisi kepala dan leher, di posisi yang sama ketika berdiri. Bantal terlalu empuk justri tidak bisa menahan leher dan tulang belakang dengan benar. Sebaliknya bantal yang terlalu keras juga semakin membuat otot leher kaku. Cobalah untuk mengganti bantal sesuai kebutuhan jika Kamu mengalami sakit kepala setiap bangun tidur.

Baca juga: Kapan Bantal Sebaiknya Diganti?

5. Mendengkur saat tidur

Gangguan tidur yang disebabkan oleh mendengkur mungkin menjadi sumber sakit kepala di pagi hari. Mendengkur bisa menjadi suatu kondisi tersendiri atau gejala sleep apnea.

Sleep apnea menyebabkan Anda berhenti bernapas beberapa kali sepanjang malam. Umumnya, sakit kepala yang berhubungan dengan sleep apnea berlangsung kurang dari 30 menit. Anda dapat mengobati sleep apnea dengan peralatan khusus, seperti mesin tekanan saluran napas positif terus menerus.

6. Depresi

Dalam satu penelitian yang dilaporkan dalam Journal of American Medical Association, faktor yang paling signifikan sebagai penyebab sakit kepala pagi kronis adalah kecemasan dan depresi. Kondisi kesehatan mental juga dapat menyebabkan insomnia, yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko sakit kepala di pagi hari.

Jika Kamu mencurigai memiliki gangguan kesehatan mental, bicarakan dengan dokter. Seringkali kondisi ini dapat dikelola dengan terapi, baik terapi obat-obatan maupun non ibat. Mengelola emosi dan gangguan mental dapat membantu mengurangi timbulnya sakit kepala di pagi hari.

7. Tekanan Darah Tinggi

Kalau Kamu memiliki tekanan darah tinggi, darah akan lebih banyak memberikan tekanan ke kepala. Tekanan tersebut menyebabkan sakit kepala, khususnya di pagi hari. Segera hubungi dokter kalau sakit kepala yang Kamu rasakan lebih sering dan tidak dapat terdeteksi penyebabnya. Kalau tekanan darah Kamu tinggi, maka dokter biasanya akan merekomendasikan perubahan gaya hidup seperti asupan makanan dan olahraga serta obat tekanan darah.

Baca juga: Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri

Referensi:

Healthline.com. What Causes Early Morning Headaches?

Self.com. Why Do I Wake Up With a Headache Every Morning?

Comment

News Feed